Minggu, 19 Mei 2013

Memanfaatkan Facebook untuk belajar Bahasa Inggris

Situs jejaring sosial sekarang ini telah menjadi salah satu alat komunikasi yang paling populer. Orang menggunakannya sebagai cara yang paling cepat untuk menemukan teman dan keluarga, pekerjaan, dan berbagi ide atau opini. Tapi bagaimana dengan menggunakan situs-situs jejaring sosial tersebut untuk belajar bahasa?
Fast payday loans For Every One
Sekarang ini, Facebook masih menjadi favorit banyak orang di seluruh dunia. Tidak mengherankan jika kemudian banyak orang, khususnya yang bukan penutur asli bahasa Inggris, telah mencoba memanfaatkan Facebook sebagai sebuah medium untuk belajar bahasa Inggris. Pertanyaannya, “Bagaimana menggunakan Facebook untuk belajar bahasa Inggris”?
Berikut ini beberapa kiat jika Anda tertarik untuk memanfaatkan Facebook sebagai alat untuk belajar atau meningkatkan kemampuan bahasa Inggris Anda.
1. Mengganti bahasa antar-muka menjadi bahasa Inggris
Ini adalah hal pertama yang harus Anda lakukan. Mengapa? Di situs Facebook banyak kutipan-kutipan atau frasa yang sering Anda baca, khususnya pesan-pesan notifikasi. Jika kata-kata tersebut tertulis dalam bahasa Inggris maka hal itu akan sangat membantu Anda mempelajari kata-kata atau frasa-frasa baru, seperti misalnya
  • you like this,
  • someone sent you a message,
  • someone shared a photo,
  • changing profile pics,
  • someone mentioned you, etc.
2. Menulis status dan berkomentar dalam bahasa Inggris
Ketika ada sesuatu yang baru atau menyenangkan terjadi dalam hidup Anda, mengapa tidak menulisnya di facebook dalam bahasa Inggris? Anda tidak harus memiliki bahasa Inggris yang perfect untuk memberitahukan kepada orang info-info tentang misalnya apa menu makan siang Anda, dimana Anda pergi berlibur, atau bagaimana perasaan Anda.
Dan apabila ada teman yang menulis status tentang diri mereka sendiri, Anda bisa melakukan lebih dari sekadar “like”. Anda bisa menceritakan kepada mereka apa pendapat Anda, tentunya dalam bahasa Inggris.
3. Berteman dengan penutur bahasa Inggris
Salah satu masalah yang paling umum dialami oleh orang yagn belajar bahasa Inggris adalah sulitnya menemukan penutur asli bahasa Inggris yang bisa dijadikan sarana untuk latihan bahasa Inggris. Mengapa tidak menggunakan Facebook untuk berinteraksi dengan penutur bahasa Inggris? Melalui berteman dengan penutur asli bahasa Inggris, Anda belajar banyak dari update-update status mereka, dari komentar-komentar mereka, dan dari apa saja yagn mereka tulis di Facebook. Anda bisa menemukan teman asing lewat fasilitas pencarian teman atau mencarinya di grup dan fanpage.
4. Bergabung dengan grup belajar bahasa Inggris
Ada banyak grup di Facebook yang memang dibuat khusus untuk orang-orang yagn ingin belajar bahasa Inggris. Dengan bergabung di grup-grup seperti ini, Anda bisa berinteraksi dengan anggota-anggotanya yang lain. Meskipun interaksi yang dilakukan hanya sebatas pada komunikasi teks, namun itu akan sangat membantu dalam meningkatkan perbendarahaan kata danf rasa Anda serta menambah kepercayaan menggunakan bahasa Inggris. Salah satu grup belajar bahasa Inggris yang telah memiliki ribuan anggota adalah Let’s Speak English.
5. “Menyukai” fanpage yang terkait dengan bahasa Inggris
Ada beberapa organisasi atau individu yagn memiliki fanpage khusus untuk orang-orang yagn ingin belajar bahasa Inggris, diantaranya adalah VOA Learning English dan LetSpeakEnglish.
Jadi Facebook memang bukan sekadar tempat berinteraksi dengan teman! Belajar bahasa Inggris bisa menjadi menyenangkan dan jika Anda menghabiskan banyak waktu di media sosial ini, maka Anda akan rugi jika tidak memanfaatkannya untuk belajar bahasa Inggris.

Kesalahan Pengucapan dalam Bahasa Inggris

Dengan ditetapkannya bahasa inggris sebagai bahasa internasional membuat kita mau tidak mau harus menguasainya.
Tak jarang suatu perusahaan menuntut calon pekerjanya (pelamar) mampu menggunakan bahasa inggris dengan baik, umumnya dalam hal berbicara. Di jenjang pendidikan pun juga telah dituntut untuk pandai berbahasa inggris. Padahal, bagi sebagian orang berbicara dengan bahasa inggris alias speaking bukanlah hal yang mudah.
Dalam penggunaannya sebagai bahasa dunia, ternyata ada beberapa (banyak) kesalahan yang biasa dilakukan oleh orang, khususnya dalam hal pengucapan (speaking).
Bahkan, orang dari Amerika maupun Inggris sebagai negara asalnya sekalipun juga ada yang tak luput dari kesalahan tersebut.
Lalu, apa sajakah kesalahan tersebut?
Kata apa sajakah yang sering salah dalam pengucapannya?
Mari kita simak . . .

Berikut ini adalah beberapa kata yang termasuk dalam kategori ‘sering’ terjadi kesalahan dalam pengucapannya . . .
  1. aegis
    Huruf AE pada kata ini dibaca /ee/. Jadi, kita harus mengejanya /EE-JIS/, bukan /ay-jis/. Dalam mitologi Yunani, ‘aegis’ merupakan perisai Dewi Athena dengan kepala Gorgon di depannya.
  2. anyway
    Seringkali terdengar orang mengucapkan kata ini dengan menambahkan bunyi huruf S di belakangnya, sehingga terdengar menjadi anyways. Seharusnya diucapkan anyway.
  3. archipelago
    Berhubung kata ini berasal dari nahasa Yunani, maka CH dieja /k/. Jadi, ucapkan sebagai /AR-KI-PEL-A-GO/, bukan /arch-i-pel-a-go/.
  4. arctic
    Perhatikan huruf C setelah huruf R. Ucapkan /ARK-TIK/, bukan /ar-tik/
  5. accessory
    Huruf C pertama pada kata tersebut diucapkan dengan bunyi /k/ yang kuat. Jadi, ucapkan /AK-SESS-OR-Y/, bukan /ass-ess-or-y/.
  6. ask
    Huruf S muncul sebelum huruf K. Jadi, ucapkan /ASK/ bukan /aks/.
  7. asterisk
    Mari kita perhatikan huruf S yang kedua. Seharusnya kita mengucapkan /AS-TER-ISK/, bukan /as-ter-ik/.
  8. athlete
    Kata tersebut terdiri dari dua suku kata, bukan tiga. Jadi, ucapkan /ATH-LETE/, bukan /ath-uh-lete/.
  9. barbed wire
    Perhatikan AR pada suku kata pertama. Ucapkan /BARBD/, bukan /bob/.
  10. cache
    Aslinya kata ini berasal dari bahasa perancis, tetapi tidak diakhiri dengan huruf E beraksen. Jika diartikan, ‘chace’ adalah tempat persembunyian atau sesuatu yang disembunyikan, misalnya: cache of supplies; a cache of money; a cache of drugs. Ucapkan /KASH/, bukan /ka-shay/.
  11. candidate
    Perhatikan huruf D yang pertama. Ucapkan /KAN-DI-DATE/, bukan /kan-i-date/.
  12. cavalry
    Kata ini mengacu pada pasukan atau prajurit berkuda. Ucapkan /KAV-UL-RY/, bukan /kal-vuh-ry/.
    Catatan: Berbeda dengan Calvary yang yang mengacu pada tempat di mana Yesus disalib, kata tersebut diucapkan /kal-vuh-ry/.
  13. chaos
    Dalam bahasa inggris pengucapan CH bisa dilakukan dengan tiga cara yang berbeda: /tch/ seperti pada kata ‘church’, /k/ seperti pada kata ‘Christmas’, dan /sh/ seperti pada kata ‘chef’. Bunyi kata yang pertama adalah pengucapan asli dalam bahasa inggris dan yang paling umum. Bunyi kedua CH, /k/, aslinya berasal dari bahasa Yunani. Bunyi yang ketiga (paling tidak umum jika dibandingkan dengan dua bunyi yang lain) merupakan hasil adopsi dari bahasa Prancis modern. ‘Chaos’ merupakan kata yang berasal dari bahasa Yunani. Jadi, ucapkan /KAY-OS/, bukan /tchay-os/.
  14. clothes
    Perhatikan pengucapan dan bunyi TH pada kata tersebut. Ucapkan /KLOTHZ/, bukan /kloz/.
  15. daïs
    Jika diartikan, ‘daïs’ adalah mimbar. Umumnya, kesalahan pengucapan terjadi dengan membalikkan suara vokal. Kata tersebut sering salah eja dan salah ucap. Ucapkan /DAY-IS/ bukan /di-is/.
  16. dilate
    Kata ini terdiri atas dua suku kata, bukan tiga. Katakan /DI-LATE/, bukan /di-a-late/.
  17. drowned
    Kata ini merupakan bentuk past participle dari kata ‘drown’. Perhatikan bahwa tidak ada huruf D di belakang kata ‘drown’. Jangan tambahkan bunyi D ketika menggunakan kata ini dalam bentuk lampau. Jadi, seharusnya ucapkan /DROWND/, bukan /drown-ded/.
  18. et cetera
    Istilah latin ini sering salah diucapkan, termasuk juga singkatannya juga sering salah eja maupun salah tulis. Seharusnya ucapkan /ET CET-ER-A/, bukan /ex cet-er-a/. Sedangkan untuk singkatannya, tulis etc., bukan ect.
  19. February
    Kebanyakan orang membuang huruf R pertama dalam kata tersebut. Seharusnya, pengucapan yang benar adalah /FEB-ROO-AR-Y/, bukan /feb-u-ar-y/.
  20. foliage
    Kata ini terdiri dari tiga suku kata. Jadi, ucapkan /FO-LI-UJ/, bukan /fol-uj/.
  21. forte
    Ada dua kata dalam bahasa inggris yang dieja dengan cara ini. Salah satunya berasal dari bahasa italia dan yang satunya lagi berasal dari bahasa perancis. Kata ‘forte’ yang berasal dari bahasa italia merupakan istilah di bidang musik yang berarti ‘lantang’ (loud) dieja dengan dua suku kata: /FOR-TAY/. Sedangkan kata ‘forte’ yang berasal dari bahasa perancis merupakan sebuah kata sifat yang memiliki makna ‘kekuatan’ atau ‘titik kekuatan’ dan diucapkan dengan satu suku kata: /FORT/.
  22. Halloween
    Kata yang digunakan untuk menggambarkan perayaan orang Amerika setiap tanggal 31 Oktober ini berasal dari frase ‘Hallowed Evening’ yang memiliki makna ‘malam yang telah disucikan’. Kata ‘hallow’ berasal dari bahasa inggris kuno halig, yang berarti ‘suci’ (holy). Perhatikan huruf A pada suku kata pertama. Seharusnya kita mengucapkan /HAL-O-WEEN/, bukan /hol-lo-ween/.
  23. height
    Kata tersebut diakhiri dengan bunyi /T/, bukan bunyi /TH/. jadi, ucapkan /HITE/, bukan /hith/.
  24. heinous
    Bagi yang tidak kenal dengan acara TV, Law and Order: S.V.U. mungkin tidak tahu bahwa kata ‘heinous’ terdiri dari dua suku kata. (Acara ini dimulai dengan kalimat: ‘In the criminal justice system, sexually based offenses are considered especially heinous.‘). Jadi, ucapkan /HAY-NUS/, bukan /heen-i-us/.
  25. hierarchy
    Kata ini memiliki empat suku kata. Jadi, ucapkan /HI -ER-AR-KY/ bukan /hi-ar-ky/.
  26. illinois
    Sama dengan kata ‘arkansas’, huruf S terakhir pada kata ‘illinois’ tidak diucapkan. Jadi, ucapkan /IL-I-NOY/ (dan /Ar-kan-saw/), bukan /il-li-noiz/ (atau /ar-kan-sas/).
    Catatan: Beberapa orang ada yang mengucapkan kata ‘arkansas’ menjadi /ar-kan-zuz/ sehingga dikira berhubungan dengan ‘Kansas’, padahal tidak sama sekali.
  27. interpret
    Kata ini terdiri atas tiga suku kata. Jangan tambahkan satu suku kata lain! Jadi, ucapkan /IN-TER-PRET/, bukan /in-ter-pre-tate/.
  28. incident
    Suatu kejadian yang terjadi disebut ‘incident‘. Jangan ucapkan ‘incidence‘ untuk menggambarkan kejadian yang spesifik. Kata ‘incidence‘ memang ada, tetapi memiliki arti yang berbeda.
    Catatan: ‘incident’ merupakan kejadian yang terjadi dan direncanakan, sedangkan ‘accident’ merupakan kejadian yang tidak direncanakan.
  29. irregardless
    Lihat kata ‘regardless’.
  30. jewelry
    Kata ini terdiri dari tiga suku kata. Jadi, ucapkan /JEW-EL-RY/, bukan /jew-el-er-y/.
    Pengucapan /jewl-ry/ memang sering terdengar, tetapi sebenarnya tidak tepat karena pada ejaan tersebut membuang satu suku kata.
  31. library
    Perhatikan letak huruf R pada kata ini. Ucapkan /LI-BRAR-Y/, bukan /li-ber-ry/.
  32. medieval
    Kata ini terdiri atas empat suku kata. Huruf E pertama bisa dibaca pendek (/me-/) atau panjang (/mee-/). Jadi, ucapkan /MED-EE-EEVAL/ atau /MEE-DEE-EEVAL/, bukan /meed-eval/.
  33. miniature
    Kata ini terdiri dari empat suku kata. Jadi, ucapkan /MIN-I-A-TURE/, bukan /min-a-ture/.
  34. mischievous
    Kata ini merupakan bentuk kata sifat dari kata ‘mischief’ yang memiliki arti ‘bencana’ (calamity) atau ‘bahaya’ (harm). Kata ‘mischievous’ dikaitkan dengan ‘kesenangan yang tidak berbahaya’ (harmless fun) sehingga kata ‘malicious mischief’ (kenakalan yang berbahaya) merupakan istilah lain dari ‘vandalism’. Kata ‘mischievous’ memiliki tiga suku kata dengan penekanan pada suku pertamanya: /MIS-CHI-VUS/. Jangan ucapkan /mis-chee-vee-us/.
  35. niche
    Kata tersebut berasal dari bahasa perancis (walaupun banyak kata yang berasal dari bahasa perancis diserap menjadi bahasa inggris untuk penggunaan standar), kata tersebut diucapkan dengan bunyi E yang panjang dan bunyi /SH/ untuk CHE. Jadi, ucapkan /NEESH/, bukan /nitch/.
  36. orient
    Kata ini terdiri dari tiga suku kata. Sebagai kata kerja, kata ini berarti ‘menempatkan sesuatu pada posisi yang tepat dalam kaitannya dengan sesuatu yang lain’. Kata ini berasal dari kata yang berarti ‘timur’ (east) dan aslinya memiliki arti ‘menempatkan sesuatu yang mengarah ke timur’. Sekarang kata ini telah digunakan dengan makna yang lebih umum. Ucapkan /OR-I-ENT/, bukan /or-i-en-tate/.
  37. old-fashioned
    Kata sifat ini terbentuk dari past participle: ‘fashioned’. Jangan hilangkan huruf ED. Ucapkan /OLD-FASHIOND/, bukan /old-fashion/.
  38. picture
    Ada bunyi huruf K pada kata tersebut. Jangan menyamakan kata ‘picture’ dengan kata ‘pitcher’. Ucapkan /PIK-TURE/, bukan /pitch-er/, karena ‘pitcher’ merupakan kata yang berbeda.
  39. precipitation
    Kata ini merupakan kata benda yang mengacu pada hujan atau salju, atau apapun yang jatuh dari angkasa (secara normal). Sama dengan kata ‘prescription’ (di bawah), menggunakan awalan PRE-. Jadi, ucapkan /PRE-CIP-I-TA-TION/, bukan /per-cip–i-ta-tion/.
  40. prescription
    Perhatikan awalan PRE- pada kata ini. Ucapkan /PRE-SCRIP-TION/, bukan /per- scrip-tion/ atau /pro-scrip-tion/.
  41. preventive
    Kata ini terdiri dari tiga suku kata. Kesalahan yang sering terjadi adalah penambahan suku kata pada kata tersebut. Jadi, ucapkan /PRE-VEN-TIVE/, bukan /pre-ven-ta-tive/.
  42. pronunciation
    Kata ini merupakan kata benda. Kata ini berasal dari kata kerja ‘pronounce’, tetapi tidak dilafalkan sama seperti kata kerjanya. Ucapkan /PRO-NUN-CI-A-TION/, bukan /pro-nounce-i-a-tion/.
  43. realtor
    Kata ini terdiri atas tiga suku kata. Ucapkan /RE-AL-TOR/, bukan /re-a-la-tor/.
  44. regardless
    Kata ini terdiri dari tiga suku kata. Jangan menambahkan IR sehingga membuatnya menjadi ‘irregardless’.
  45. sherbet
    Kata ini hanya mengandung satu huruf R. Jadi, ucapkan /SHER-BET/ bukan /sher-bert/.
  46. spayed
    Kata ini hanya terdiri dari satu suku kata, merupakan bentuk past participle dari kata kerja ‘spay’, yang berarti ‘memandulkan’ (hewan). Seperti kata kerja ‘drown’ (di atas), kata ‘spay’ tidak memiliki huruf D dalam bentuk infinitive-nya. Jadi, jangan tambahkan huruf D dalam bentuk past participle-nya. Ucapkan /SPADE/, bukan /spay-ded/.
  47. ticklish
    Kata ini terdiri atas dua suku kata. Ucapkan /TIK-LISH/, bukan /tik-i-lish/.
  48. vehicle
    Walaupun ada huruf H pada kata ini, bunyi H tidak diucapkan. Jadi, ucapkan /VEE-IKL/, bukan /vee-hikl/.
  49. wintry
    Kata ini sering salah diucapkan, bahkan oleh orang yang ahli cuaca sekalipun. Kata ini terdiri dari dua suku kata. Jadi, ucapkan /WIN-TRY/, bukan /win-ter-y/.
Itulah beberapa kesalahan yang sering ditemui dalam pengucapan kata bahasa inggris.
Kata pada nomor berapakah bagi Anda yang sering salah? :D

Kesalahan umum penggunaan bahasa Inggris - part two

Beberapa hari yang lalu saya sudah membahas beberapa kesalahan yang sering dilakukan dalam penggunaan bahasa inggris. kali ini saya akan mencoba membahas kesalahan-kesalahan lain yang saya kira penting untuk diketahui bersama. ok, let’s discuss!
Awhile VS  a while
barangkali anda pernah melihat dua kata ini dan sering menggunakannya. sekilas kedua kata ini memang mirip dan hanya sedikit berbeda pada penulisan. namun kalau anda salah menggunakan maka artinya bakal salah.
Awhile (noun) berarti sebentar kalau diterjemahkan kedalam bahasa indonesia atau a short spell.
A while (adverb) juga berarti sebentar namun berbeda posisi ketika digunakan dalam kalimat atau for a short spell
ex : it has been a while since I met with Desy. (bisa juga menggunakan preposisi “for”,khusus untuk a while. (ex : can I talk for a while)
let’s wait awhile. jgn gunakan “for” pada awhile (ex: let’s wait for awhile = salah)
NOTE : preposisi hanya bisa dipadankan dengan A while
Alright VS all right
pernah melihat dua kata diatas? saya yakin dua kata ini tidak asing lagi dan sering digunakan. tapi tahukah anda kalau banyak kesalahan pada kedua kata ini.
Alright adalah adjective/adverb yang sering digunakan untuk mempersingkat all right dan ini dianggap nonstandard  dalam penggunaan bahasa inggris bahkan dianggap salah (silahkan cek di kamus Longman)
All right biasa dipakai untuk merespon hal yang positif menunjukkan kepuasan,kesetujuan dan penerimaan
ex : what is the food like? “it’s all right ” (bagaimana makananya? “bagus”)

why don’t we go to the movie? “all right” ( bagaimana kalau kita ke bioskop? “baiklah”)
Amongst VS Among
kedua kata ini memiliki makna yang sama dan bisa digunakan dalam kalimat yang sama tanpa mengubah makna. setelah saya mencoba melakukan pencarian lebih jauh, saya mendapatkan bahwa amongst lebih familiar digunakan oleh orang inggris atau British. dan kata among lebih dianggap formal untuk digunakan dalam penulisan karena amongst dianggap old-fashioned(ketinggalan jaman)
ex : The letter is somewhere among these papers on the desk (surat ada di antara kertas-kertas di atas meja)
NOTE : gunakan among hanya untuk membandingkan hal yang banyak, tidak untuk yang hanya 2 hal (ex : among the two guys, I like him better =salah, gunakan between untuk yang bersifat dua hal)
Farther VS Further
berhati-hatilah dalam menggunakan kata diatas. kedua kata ini bisa dibedakan dari dua segi. pertama: jika anda bermaksud menyatakan jarak yang bersifat lahiriah atau fisik maka gunakan farther
ex : I chased my cat farther than two miles (saya mengejar kucingku lebih dari dua mil)

namun jika ingin membuat kalimat yang bermaksudjarak  kiasan maka gunakan further
ex : you are welcome to discuss this issue further with the manager (silahkan bahas masalah ini lebih lanjut dengan manajer)

kesalahan dalam penerjemahan

Sejarah dunia khususnya Perang Dunia ke-2 (PDII) sudah pernah kita pelajari sebelumnya dari mulai SD sampai SMP. Tapi tahukah para pembaca yang mulia, jika pemboman di Hiroshima dan Nagasaki akibat salah terjemahan?
Peristiwa pengeboman Hiroshima dan Nagasaki pada Agustus 1945 terjadi karena  kesalahan terjemahan. Pada Juli 1945, Amerika Serikat menerbitkan postdam declaration yang berisi tentang pilihan yaitu Jepang harus menyerah tanpa syarat atau akan diserang dengan kekuatan yang menghancurkan secara total.
Jepang yang saat itu benar-benar terdesak, mengeluarkan pernyataan balasan berisikan “untuk sementara tidak ada komentar, kami akan memikirkan tawaran tersebut”. Celakanya, pernyataan “no comment” perdana menteri Jepang saat itu, Kantaro Suzuki yang diucapkan dalam bahasa Jepang “mokusatsu” diterjemahkan menjadi “kami tidak akan memperdulikan ultimatum sampah itu” oleh ahli bahasa dari Jerman saat itu. Seharusnya Penerjemah tersebut harus melihat situasi pada saat itu bukan hanya sekedar menerjemahkan kata saja. Akibat kesalahan terjemahan ini, Presiden Harry Truman marah dan 10 hari setelah pernyataan tersebut dikeluarkan, Hiroshima rata dengan tanah disusul Nagasaki 3 hari kemudian.
Kesalahan pemilihan arti  ketika menerjemahkan akan sangat fatal akibatnya pada level yang berbeda-beda. Menurut Torikai Kumiai, ahli penerjemahan Jepang, mungkin memang dalam bahasa Jepang pun arti “mokusatsu” memiliki dua arti yang aimai (bermakna bias) yakni “menolak” dan “tidak mau berkomentar dulu atau ingin berdiam diri sejenak”.
Menerjemahkan itu bukanlah suatu yang mudah dengan hanya mengartikan kata demi kata, tapi juga harus memperhatikan aspek-aspek di luar itu, seperti melihat konteks, sikap   penutur, dan lain-lain. Bayangkan dampak kesalahan terjemahan mengakibatkan ribuan manusia cacat, luka, bahkan meninggal.
Analisis kesalahan merupakan bidang kajian yang masuk dalam payung linguistic terapan. Kajian ini sebenarnya bukan hal yang baru bagi para guru bahasa, karena hasil penerapan analisis kesalahan dimanfaatkan untuk memperbaiki proses belajar mengajar bahasa, baik untuk memperbaiki kesalahan yang dibuat pembelajar maupun untuk membantu guru
menyusun strategi pembelajaran yang tepat.
Brown (via Sanal, 2008) mendefinisikan analisis kesalahan (error analysis) sebagai ”the
fact that learners do make errors and thes errors can be observerd, analysed and classified to reveal some thing of the system operating within the learner led to a surge of study of learners’errors called ‘error analysis”. Senada dengan itu Ruru dan Ruru (via Pateda, 1989) berpendapat bahwa analisis kesalahan adalah suatu teknik untuk mengidentifikasikan, mengklasifikasikan dan menginterpretasikan secara sistematis kesalahan-kesalahan yang dibuat
oleh si terdidik yang sedang belajar bahasa asing atau bahasa kedua dengan menggunakan teori-teori dan prosedur berdasarkan linguistik. Kesalahan biasanya ditentukan berdasarkan ukuran keberterimaan dari sudut pandang penutur asli. Dari kedua pendapat tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa analisis kesalahan merupakan prosedur sistematis berdasarkan linguistic untuk menemukan dan mengklasifikasikan kesalahan yang tidak dapat diterima (dibenarkan) berdasarkan kaidah bahasa target yang dibuat oleh pembelajar bahasa (asing).
Kesalahan dalam kajian analisis kesalahan dapat diklasifikasikan ke dalam 2 macam yaitu kesalahan (error) dan kekeliruan (mistakes). Kekeliruan terkait ketidakmampuan menghasilkan ujaran berbahasa yang tidak disengaja, kekeliruan bukan merupakan hasil dari kurangnya kompetensi berbahasa yang dimiliki pembelajar. Kekeliruan ini sifatnya ttidak sistematis, sehingga ketika pembelajar bahasa menyadari kekeliruan tersebut dapat segera memperbaikinya. Sebaliknya kesalahan (error) merupakan kesalahan yang dibuat oleh pembelajar bahasa bersifat sistematis yang disebabkan karena tidak memiliki kompetensi berbahasa yang memadai. Corder (via Sanal, 2008) mengatakan: Errors are deviances that are due to deficient competence (i.e”knowledge” of the language, which may or may not be conscious). As the are due to deficient competence the tend to be systematic and not self correctable. Whereas “mistakes” or “lapses” that are due to performance deficiencies and arise from lack of attention, slips of memory, anxiety possibly caused by pressure of time etc. They are not systematic and readily indentifiable and self corectable.
Kompetensi yang dimaksud di sini adalah kemampuan pembicara atau penulis untuk melahirkan bahasa sesuai dengan kaidah bahasa yang digunakannya. Karena bahasa yang dihasilkan berwujud kata, kalimat dan makna, maka kesalahan yang perlu dianalisis mencakup pada tataran fonologi, morfologi, sintaksis dan semantik. (Pateda, 1989:34).
Kegiatan penerjemahan merupakan keterampilan yang sulit. Penguasaan terhadap bahasa Inggris saja sebagai bahasa sumber atau bahasa Indonesia sebagai bahasa sasaran tidak menjamin kehandalan atau keterpercayaan terjemahan yang dihasilkan. Mereka mesti menguasai tata
bahasa kedua bahasa. Perbedaan gramatika dari kedua bahasa ini jika tidak dikuasai secara baik tentu saja akan mengakibatkan kesalahan, (Machali, 2000). Misalnya, kaidah frasa
bahasa Indonesia adalah D(iterangkan) dan M(enerangkan), seperti siswa pandai yang berpadanan dengan intelligent student karena di dalam bahasa Inggris berlaku kaidah MD. Interferensi bahasa ibu (native language) juga ikut andil dalam memberikan kesalahan dealam
penerjemahan. Misalnya, seorang mahasiswa dalam menerjemahkan teks bahasa Indonesia ke dalam bahasa Inggris dipengaruhi oleh kaidah penulisan bahasa Indonesia, seperti expression yang ditulis dengan *ekpression. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kesalahan dalam penterjemahan akan sangat dipengaruhi oleh pengalaman, intelejensia dan daya pikir serta emosional dari sang penerjemah. Seorang penerjemah yang memiliki sertifikasi sebagai penerjemah tersumpahpun akan sangat mungkin untuk melakukan kesalahan elementer. Sehingga dengan fakta ini menunjukkan bahwa alih bahasa merupakan sesuatu yang cukup dan harus dimengerti bahwa hal tersebut harus dikembalikan pada orang itu sendiri. Mungkinkah seorang dengan background ilmu sosial mampu menerjemahkan secara tepat buku kajian teknologi misalnya. Tentunya hal ini patut menjadi perhatian bagi Pemerintah, bahwa disamping sertifikasi harus dipikirkan juga pentingnya pengelompokan kualifikasi penerjemah.

Kesalahan Umum dalam Menulis Bahasa Inggris

Dalam mengkoreksi dan mengedit tulisan berbahasa Inggris, terdapat lima kesalahan mengenai bahasa Inggris yang dikuasai oleh penutur bahasa Inggris sebagai bahasa kedua. Dibawah ini merupakan catatan singkat mengenai beberapa kesalahan menulis berbahasa Inggris yang sering dijumpai.
Penggunaan Artikel
Hal ini menandakan kesulitan memahami pemakaian the, a, an dan tanpa artikel. Gunakan a atau an untuk menyebut sesuatu pertama kali. Untuk menyebut kata benda yang umum dan jamak tidak memerlukan artikel.
Penggunaan kata benda countable atau uncountable
Ekspresi jumlah yang harus digunakan juga harus disesuaikan dengan jenis kata benda tersebut, apakah countable atau uncountable.
Pemakaian Konektor dan Konjungsi
Konektor dan konjungsi difungsikan untuk menghubungkan ide antar kalimat. Penggunaan : although, because, however, dan lain-lain mesti disesuaikan dengan hubungan ide tersebut.
Penggunaan Tanda Baca
Penggunaan tanda baca yang tepat akan sangat sulit untuk diterapkan dalam sebuah tulisan, meski itu penutur asli berbahasa Inggris. Penggunaan koma, semi-koma, titik, dan masih banyak lagi memerlukan perhatian yang serius dalam penulisan artikel.
Kesalahan Umum Lainnya

Sabtu, 18 Mei 2013

Memaksimalkan Bimbingan Belajar Bahasa Inggris

Bimbingan bahasa Inggris merupakan bagian penting dalam proses berlajar dan memperdalam materi bahasa Inggris yang tidak di dapatkan di sekolah. Biasanya, guru akan memberikan materi bahasa Inggris sesuai dengan kurikulum dan terbentur dengan waktu beajar yang hanya dua jam saja. Hal inilah yang terkadang membuat para siswa di sekolah memerlukan materi tambahan dari luar sekolah, yaitu seperti bimbingan belajar ataupun privat di rumah dengan pengajar yang berkompeten. Berkompeten dalam hal ini adalah, kita tidak bisa memberikan ataupun memilih tempat belajar informal bagi mereka (para pelajar) yang sembarang dan tidak sesuai dengan paduan kurikulum serta komposisi pada kebutuhan mereka. 
Mengapa kita tidak boleh sembarangan dalam memilih tempat belajar informal? Pada dasarnya, pemberian bekal ilmu pada siswa-siswi merupakan bagian terpenting apa lagi bahasa Inggris merupakan salah satu syarat dimana mata pelajarn tersebut berdampingan dengan bahasa Indonesia dan Matematika sebagai syarat kelulusan. Faktor kelulusan ini selalu menjadi bayang-bayang yang menakutkan bagi para pelajar ketika mendengar kata tersebut. Maka dari itulah, peran orang tua sebagai pemerhati  yang paling baik, memberikan pengetahuan dan pemahaman untuk tempat kursus yang baik kepada anak-anak mereka untuk mendapatkan pembelajaran serta materi yang sesuai pada kurikulum dan masa depannya. 
Hal ini dapat memberikan kepercayaan diri kepada siswa/pelajar yang siap mengahadapi ujian sekolah ataupun ujian nasional. Kepercayaan diri ini bukan semata-mata adalah sebuah kesombongan, namun merupakan kesiapan diri para pelajar ini untuk bertempur melawan rasa takut saat ujian datang. Mungkin inlah sedikit tips yang dapat kita bagikan kepada para pembaca sekalian.

Kenapa Harus Bahasa Inggris?

Bagi beberapa orang, bahasa Inggris seolah sudah menjadi bahasa kedua selain bahasa Indonesia. Hampir di setiap kesempatan kita bertemu dengan orang yang menerapkan bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-harinya. Bahkan, kini anak kecil yang baru mulai belajar bicara sudah mulai diajarkan bahasa Inggris setelah diajarkan bahasa Indonesia. Sebagai contoh, sering kita temui sapaan di pagi hari seperti "Good Morning, pak..." atau seorang ibu kepada anaknya " Hey Stop! Don't do that, nanti kamu bisa terjatuh!" dan sebagainya.

Dari hal simpel itu saja sudah dapat dikatakan bahwa bahasa Inggris sudah menjadi bagian di dalam percakapan masyarakat Indonesia. Mengapa demikian?  Sudah bukan hal baru lagi jika mempelajari bahasa Inggris sangatlah penting. Apalagi jika kita memiliki kehidupan sosial yang luas dan sering bertemu dengan banyak orang. Bahasa Inggris dapat dikatakan sebagai pemersatu dari segala bangsa. Bayangkan saja, misalnya kita sedang berada di Perancis atau Spanyol, apakah sudah pasti kita bisa bicara bahasa Perancis atau bahasa Spanyol? Saya yakin 8 dari 10 orang menjawab tidak! Tapi apakah kita bisa berbahasa Inggris? Paling tidak yang standar dan dasar-dasarnya saja? Saya yakin juga 9 dari 10 pasti menjawab Iya!

Pada kondisi diatas, sudah dapat dipastikan bahwa bila anda tidak dapat berbahasa Inggris, anda tidak dapat berinteraksi dengan baik pada penduduk setempat. Bayangkan anda harus menanyakan jalan, menanyakan penginapan, bertanya harga barang di toko dan sebagainya. Tapi ketika anda bisa dan memahami bahasa Inggris, tidaklah sulit untuk bisa menemukan restaurant favorit anda di belahan negeri manapun.

Maka dari itu, mempelajari bahasa Inggris sangat penting. Ajak adik kecil anda atau buah hati anda untuk mulai belajar bahasa Inggris. Demi masa depan yang baik menuju era globalisasi.

Asyiknya Belajar Inggris Untuk Anak-anak

Dunia anak-anak adalah dunia bermain. Apa yang ada dalam dunia ini merupakan hal baru bagi mereka. Seolah hidup ini adalah sebuah petualangan seru yang wajib untuk diarungi. Namun tidak ada salahnya, di tengah-tengah asyiknya waktu bermain mereka disisipi oleh hal yang berguna seperti ilmu pengetahuan, belajar seni yang bisa mengasah kreatifitas, pendidikan etika dan moral, serta belajar inggris. Ya, tak ada salahnya sudah menerapkan belajar Inggris buat anak-anak. Mengapa?

Pertama-tama, daya serap anak lebih cepat daripada orang dewasa. Mereka mampu untuk mempelajari banyak hal, termasuk belajar inggris. Poin plusnya adalah, mereka dapat belajar sambil bermain bersama kawan maupun keluarga. Tentu itu akan membuat mereka semakin tergerak untuk terus belajar. Karena menurut anak-anak, mempelajari hal baru sembari bermain merupakan sesuatu yang menyenangkan. Mereka tidak harus duduk diam dalam suasana serius sementara orang tua mengajarkan si anak.

Banyak pola belajar inggris yang dapat diterapkan ketika mengajarkan anak belajar Inggris. Anda dapat menggunakan bentuk-bentuk hewan atau buah-buahan yang lucu, menggunakan media yang menarik seperti buku bergambar warna-warni, menggunakan media musik seperti memainkan alat musik sambil bernyanyi atau melihat video anak-anak contohnya Barney, Sesame Street dan lain-lain. Dengan begitu, anak-anak tetap merasa nyaman dan tentunya senang. Jika anak sudah merasa senang gembira, akan lebih mudah ilmu yang diserap ke dalam otaknya.

Yang kedua, perlu anda beritahu kepada mereka pentingnya bahasa inggris untuk masa depan. Dimana segala sesuatunya sudah sangat maju dan globalisasi. Bahasa inggris sudah menjadi bahasa pemersatu segala bangsa. Dan jika dari kecil sudah terbiasa untuk berbicara dengan bahasa inggris, itu akan semakin mempermudah mereka untuk berkembang dan bersosialisasi saat mereka beranjak dewasa. Yang perlu ditekankan kepada anak-anak adalah belajar inggris itu sesuatu yang menyenangkan. Sama menyenangkannya dengan belajar menari, menggambar, menari dsb.

Tips Belajar Inggris Dari Berbagai Media

Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang digunakan hampir di seluruh negara di dunia sebagai bahasa penghubung. Oleh karena itu, belajar Inggris sudah diterapkan di berbagai sekolah di Indonesia, mulai dari SD hingga perguruan tinggi. Di sekolah formal, belajar Inggris diajarkan sesuai dengan kurikulum yang telah ditetapkan, lalu diajarkan oleh guru-guru yang telah berkompeten di sekolah tersebut dengan metode yang telah diatur.
Di luar sekolah, banyak pendidikan non formal yang bisa diikuti untuk mempelajari bahasa Inggris. Pendidikan ini bisa diikuti oleh semua orang tanpa mengenal umur. Dalam mempelajari bahasa Inggris pada pendidikan non formal, siswa tidak hanya diajarkan mengenai bahasa, tetapi juga tentang budaya, negara, dan kebiasaan di Inggris. Hal itu bertujuan agar siswa terbuka dengan budaya lain selain Indonesia, sehingga apabila mereka meneruskan pendidikan Inggris atau negara lain, mereka sudah mengenal kebudayaannya. Maka dari itu, belajar Inggris penting bagi semua orang.
Selain kedua pendidikan di atas, masih banyak cara lain untuk belajar Inggris. Manfaatkan Internet sebagai sumber tips belajar Inggris. Dengan begitu, Anda akan menemukan berbagai tips belajar Inggris, seperti melalui film-film barat, lagu barat, ataupun mengunduh kumpulan e-book yang berisikan tips belajar Inggris yang bisa diterapkan sendiri di rumah.
Biasakan untuk mengasah kemampuan bahasa Inggris setiap hari secara rutin, misalnya berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris dengan orangtua dan teman-teman. Hal itu akan membantu untuk mengasah kemampuan secara tidak langsung. Karena Anda dapat mengetahui kesalahan Anda dan dapat segera mengetahui yang benar melalui teman percakapan Anda.
Niat dan usaha yang giat akan membantu Anda untuk cepat belajar dan menguasai bahasa Inggris. Berikan semangat pada diri sendiri untuk terus mendorong keinginan belajar Inggris, dan kemudian Anda akan dengan senang hati mempelajarinya tanpa merasa terbebani.

Bagaimana Mengasah Kemampuan Bahasa inggris?

Learning by Doing...
Bisa Karena Biasa....

Pernah mendengar istilah diatas? Jika Ya, apa sih yang ada di pikiran kalian ketika melihat tulisan itu? Kalau ada yang menjawab "Practice makes perfect" Ya betul sekali!
Ibarat kata, tidak ada manusia yang terlahir langsung jago dan mahir. Bahasa Jawanya 'ujug-ujug' bisa gitu... Semuanya memerlukan proses. Segala sesuatunya ada step-step atau langkah yang harus diambil. Tidak ada yang instan di dunia ini. Begitu juga dengan belajar, entah itu belajar matematika, belajar menyetir kendaraan, belajar menari dan memainkan alat musik, atau belajar bahasa Inggris.

Penting nggak sih mempelajari bahasa inggris? Bayangkan jika anda sedang mulai menanjak kesusksesan dalam karir anda dan anda ditunjuk boss anda untuk melakukan bussiness trip ke luar negeri. Tapi... anda tidak bisa berbicara bahasa inggris. Nah loooh! Apa iya anda terpaksa menolak tawaran boss anda sehingga menyebabkan jenjang karir anda tersendat gara-gara anda tidak bisa bahasa inggris? Yak, begitu pentingnya bahasa inggris sekarang ini. Tidak hanya dalam cakupan dunia kerja saja. Namun di dunia perdagangan, politik, hiburan semua sudah mulai menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa kedua setelah bahasa Indonesia.

Lalu, bagaimana mengasah kemampuan berbahasa inggris? Harus diketahui bahwa mempelajari suatu bahasa itu membutuhkan latihan terus menerus secara rutin. Bisa dengan cara melatih percakapan, menulis artikel atau novel bahasa inggris, mendengarkan lagu-lagu berbahasa inggris dan menonton film bahasa inggris tanpa mengaktifkan subtitle-nya. Jika itu dilakukan secara rutin setiap hari, dapat dipastikan anda lancar berbaha inggris. Dengan begitu, anda siap untuk mengarungi dunia tanpa ada hambatan apapun.

Belajar Inggris Melalui Film Favorit!

Bahasa inggris merupakan bahasa penghubung antara kita dan dunia luar. Tidak bisa dipungkiri bahwa saat ini kita tidak bisa terlepas dari penggunaan bahasa inggris dalam kehidupan bermasyarakat. Tidak dimana-mana kita akan selalu menemukan kosakata berbahasa inggris. Tapi, bagaimana jika anda belum mahir juga berbicara dengan bahasa inggris?

Jangan khawatir, belajar inggris tidak sesulit kelihatannya kok. Kita bisa menggunakan media apapun untuk belajar inggris. Bisa dengan mendaftarkan diri ketempat kursus yang berkualitas, bisa dengan latihan rutin melalui musik, membaca buku berbahasa inggris atau menonton film berbahasa inggris. Yak, nonton film! Siapapun pasti menyukai kegiatan yang satu ini. Mengikuti alur cerita yang menarik sembari melatih pendengaran dan ketelitian berbahasa sangat mengasyikkan loh.

Bagaimana caranya? Bukankah sulit mengikuti percakapan yang ada di film tersebut? Caranya adalah dimulai dari film-film yang ringan seperti drama romantis atau film komedi. Jangan belajar inggris dari film Science atau film yang terlalu serius seperti detektif dan sebagainya. Karena biasanya, fil-film yang terlalu serius memiliki percakapan dengan bahasa yang 'sedikit' sulit di mengerti.

Jika anda benar-benar sulit memahami, bisa juga dimulai dengan menonton film anak-anak atau film kartun. Bahasa yang mudah dipahami akan juga mudah dicerna oleh pendengaran anda. Pelan-pelan, anda akan semakin sensitif akan setiap kalimatnya, dengan begitu belajar inggris akan terasa menyenangkan dan mudah untuk mempelajarinya.

Pertanyaannya, kenapa belajar inggris dengan film? Karena biasanya, kita lebih mudah untuk belajar dari apa yang kita sukai atau yang membuat kita nyaman. Dan film merupakan salah satu hiburan yang menyenangkan. Dengan cara bermain sambil belajar, ilmu apapun akan terserap dengan cepat dalam memori kita.

Bahasa Inggris Itu Mudah Kok...

Diantara bahasa-bahasa yang ada di seluruh penjuru dunia, mungkin bahasa inggris termasuk bahasa yang mudah untuk dipelajari dan dimengerti. Bukan hanya itu saja, bahasa inggris merupakan bahasa yang wajib untuk diterapkan daam kehidupan sehari-hari karena bahasa inggris sudah menjadi bahasa utama dan bahasa pemersatu segala bangsa.

Mengapa bahasa inggris mudah dipelajari? Faktor utama yang membuatnya mudah dipelajari adalah karena kita sudah sering melihat atau mendengar kosakata dan percakapan berbahasa inggris. Hampir di setiap sudut ibukota kita pasti menemukan sesuatu berbahasa inggris. Entah itu di majalah, iklan di billboard, di televisi, di brosur-brosur, lagu yang diputar di radio, percakapan antara penyiar radio dan sebagainya. Seolah bahasa inggris sudah menjadi bahasa kedua setelah bahasa Indonesia, karena sifatnya yang mendominasi di berbagai media.

Seperti yang pepatah katakan bahwa kita Bisa Karena Biasa. Termasuk dalam mempelajari bahasa inggris. Kita harus terus latihan secara rutin agar terbiasa dan akhirnya menjadi bisa. Banyak cara untuk mempelajari antara lain dengan mendaftarkan diri ke tempat kursus bahasa inggris yang berkualitas. Atau jika diantara kalian memiliki banyak aktifitas dan tidak ada waktu untuk kursus, bisa juga dengan otodidak atau belajar sendiri.

Caranya bisa dengan mendengarkan lagu berbahasa inggris, membaca novel atau artikel, dan sering-seringlah untuk membiasakan diri dengan berbincang dengan teman yang sudah fasih berbahasa inggris. Dengan begitu, lambat laun anda akan semakin mahir dan fasih seperti teman-teman anda. Dan tentunya, ketika anda sudah bisa berbahasa inggris, itu akan memudahkan anda untuk melangkah ke dunia yang lebih maju lagi.

Semua Serba Bahasa Inggris

Bahasa Inggris telah tersebar di mana-mana, dan telah menjadi pelajaran wajib bagi semua siswa di pendidikan formal. Kenapa bahasa Inggris begitu penting?

Mulai dari pagi hari saat kita terbangun hingga kita siap untuk tidur kembali, bahasa Inggris secara tidak langsung mempengaruhi pola hidup kita. Di berbagai media, produk, dan segala macam peristiwa seakan tak pernah lepas dari bahasa Inggris. Tulisan di koran, televisi, ponsel, ucapan penyiar radio, kemasan produk yang kita gunakan, papan billboard, media sosial (Twitter, Facebook, Instagram, dan lain-lain), bahkan orang-orang yang kita temui di sekitar kita kerap kali berbicara dengan menggunakan bahasa Inggris. Di sekolah, kampus, kantor, kita dituntut untuk menguasai bahasa Inggris.

Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional di seluruh dunia. Melalui bahasa Inggris, kita dapat berkomunikasi dengan orang-orang di seluruh dunia. Dengan begitu, segala kesempatan emas yang kita impikan, baik di negara Indonesia maupun luar negeri, dapat kita raih dengan mudah.

Mempelajari bahasa Inggris dapat dilakukan mulai dari anak-anak hingga dewasa. Ada baiknya jika orangtua dapat membantu anak dalam belajar bahasa Inggris agar anak dapat dengan mudah menerapkan latihan berbahasa Inggris di luar pendidikan formal yang mereka jalani.

Belajar bahasa Inggris tidak harus diajarkan oleh guru-guru profesional, karena dengan perkembangan media di jaman yang semakin maju ini, semua orang dapat perlahan-lahan memahami bahasa Inggris karena mereka terbiasa membaca dan berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Inggris.

Di setiap produk yang kita gunakan, pada kemasannya akan ada petunjuk atau cara penggunaan dengan menggunakan bahasa Inggris. Saat menjelajahi Internet, kita juga bisa memilih bahasa Inggris. Jika Anda tidak mengerti tentang satu kalimat, gunakan buku kamus atau bahkan kamus online yang kini tersedia di Internet dan dapat diakses oleh siapa saja.

Begitu mudahnya dan banyak cara untuk mempelajari bahasa Inggris, kenapa harus merasa sulit untuk bisa menguasai bahasa Inggris?

Berbagi Tips Belajar Inggris

Banyak yang beranggapan bahwa orang yang tidak bisa berbahasa Inggris adalah orang yang bodoh. Padahal, masih banyak ilmu yang tersebar di dunia ini selain bahasa Inggris. Sayangnya, hampir semua ilmu berhubungan dengan bahasa Inggris, atau banyak orang yang ingin menuntut ilmu di negara lain yang secara langsung dituntut untuk dapat menguasai bahasa Inggris.

Lalu, bagaimana agar kita dapat dengan mudah menguasai bahasa Inggris? Latihan dan terus belajar merupakan tips belajar Inggris yang paling mendasar. Karena pada dasarnya, kita harus mempelajari sesuatu untuk kemudian bisa memahaminya. Demikian pula dengan bahasa Inggris. Namun, pelajaran bahasa Inggris di pendidikan formal maupun non formal kadang tidak cukup membuat siswanya dapat menguasai bahasa Inggris karena bahasa Inggris dianggap pelajaran yang sulit.





Adakah tips belajar Inggris yang mudah untuk diterapkan dan tidak membosankan?
Jika dari awal kita memiliki niat yang kuat untuk dapat mempelajari bahasa Inggris, berbagai metode pembelajaran akan jadi menyenangkan untuk dipelajari. Carilah metode pembelajaran yang tidak formal, karena belajar sesuatu dengan metode yang unik akan lebih mudah diingat dalam jangka waktu yang panjang.

Mulailah belajar untuk bersahabat dengan kamus. Walaupun terdengar membosankan, kamus merupakan senjata utama untuk menguasai bahasa Inggris. Di dalam kamus, terdapat berbagai kosakata dan cara pelafalan yang tepat. Semakin banyak vocabulary yang terkumpul, semakin mudah untuk nantinya menyusun kalimat dan berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Inggris.

Bersosialisasi dengan banyak teman akan membuat kita terbuka dengan berbagai kesempatan. Kita akan menemukan berbagai macam teman, sehingga kesempatan untuk mengenal orang lain dari berbagai latar belakang pendidikan dan pengalaman akan lebih besar. Semakin kita pintar bersosialisasi dengan orang-orang yang tepat, semakin mudah juga untuk kita meminta bantuan teman-teman kita untuk saling berbagi tips belajar Inggris. Bahkan, tidak menutup kemungkinan juga kita bisa menjelajah ke berbagai negeri.

Selain niat yang kuat seperti yang telah dibahas di atas, percaya diri dan kemauan yang keras juga diperlukan agar kita tidak akan mudah menyerah untuk terus belajar dan mempelajari bahasa Inggris maupun bahasa lain.

Ajak Si Kecil Belajar Inggris

Siapa sih yang tidak ingin melihat si kecil tumbuh dan berkembang dengan lucunya? Pintar, riang, sehat dan menggemaskan. Setiap orang tua di belahan dunia manapun pasti menunggu-nuggu moment dimana anak dapat mulai belajar membaca, menulis, menari, bernyanyi dan sebagainya. Sangatlah menyenangkan melihat setiap detik perkembangan si kecil, ekspresi wajah si kecil ketika bingung akan materi yang sedang dipelajari, atau ekspresi gembira dan puasnya mereka ketika berhasil menjawab pertanyaan yang orang tua ajukan benar-benar moment yang tak akan terlupakan.

Beranjak usia balita keatas, seorang anak memasuki fase dimana rasa penasaran dan keingin tahuan mereka sangat besar. Bukan tidak mungkin mereka akan selalu bertanya tentang apa saja yang dilihatnya. Rasa ingin tahunya itu membuat mereka tak berhenti untuk mengeksplor terus apa yang ada di sekelilingnya. Disini, peran orang tua sangat penting, dimana anak-anak itu memerlukan bimbingan baik secara moral maupun pembelajaran.

Selain itu,  anak berusia balita hingga 12 tahun adalah masa dimana mereka memiliki kemampuan daya serap yang tinggi. Apa yang telah diajarkan di sekolah maupun dirumah akan dicerna dengan baik sehingga dapat diimplementasikan dengan baik juga. Para orang tua harus 'jeli' melihat kondisi ini, dan sebisa mungkin dimanfaatkan sebaik-baiknya. Bisa dengan mengajak si kecil kursus sesuai dengan minatnya seperti menari, menyanyi, memainkan alat musik, menjahit, dan yang terpenting adalah ajak si kecil untuk belajar inggris.

Bagaimana sih cara untuk menghimbau si kecil agar tertarik untuk belajar inggris? Pertama, orang tua harus bisa mengedukasi mereka pentingnya bahasa inggris untuk masa depan mereka. Memberi kesiapan mental untuk memasuki dunia di era globalisasi yang mayoritas sudah menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa international. Yang kedua adalah gunakan media-media yang menarik perhatian si kecil seperti film kartun, lagu anak-anak berbahasa inggris, dan buku bergambar. Dengan begitu, si kecil tidak akan pernah merasa bosan seperti layaknya mendapat pelajaran di sekolah formal.

Sebagai orang tua, kita harus kreatif dalam mendidik dan mengajarkan anak. Melalui tokoh kartun favoritnya, belajar inggris akan terasa semakin menyenangkan. Ketika sang anak merasa senang, maka belajar inggris akan mudah terserap dan dengan mudah mereka akan semakin giat belajar inggris bersama anda.

Ajak Si Kecil Belajar Inggris

Siapa sih yang tidak ingin melihat si kecil tumbuh dan berkembang dengan lucunya? Pintar, riang, sehat dan menggemaskan. Setiap orang tua di belahan dunia manapun pasti menunggu-nuggu moment dimana anak dapat mulai belajar membaca, menulis, menari, bernyanyi dan sebagainya. Sangatlah menyenangkan melihat setiap detik perkembangan si kecil, ekspresi wajah si kecil ketika bingung akan materi yang sedang dipelajari, atau ekspresi gembira dan puasnya mereka ketika berhasil menjawab pertanyaan yang orang tua ajukan benar-benar moment yang tak akan terlupakan.

Beranjak usia balita keatas, seorang anak memasuki fase dimana rasa penasaran dan keingin tahuan mereka sangat besar. Bukan tidak mungkin mereka akan selalu bertanya tentang apa saja yang dilihatnya. Rasa ingin tahunya itu membuat mereka tak berhenti untuk mengeksplor terus apa yang ada di sekelilingnya. Disini, peran orang tua sangat penting, dimana anak-anak itu memerlukan bimbingan baik secara moral maupun pembelajaran.

Selain itu,  anak berusia balita hingga 12 tahun adalah masa dimana mereka memiliki kemampuan daya serap yang tinggi. Apa yang telah diajarkan di sekolah maupun dirumah akan dicerna dengan baik sehingga dapat diimplementasikan dengan baik juga. Para orang tua harus 'jeli' melihat kondisi ini, dan sebisa mungkin dimanfaatkan sebaik-baiknya. Bisa dengan mengajak si kecil kursus sesuai dengan minatnya seperti menari, menyanyi, memainkan alat musik, menjahit, dan yang terpenting adalah ajak si kecil untuk belajar inggris.

Bagaimana sih cara untuk menghimbau si kecil agar tertarik untuk belajar inggris? Pertama, orang tua harus bisa mengedukasi mereka pentingnya bahasa inggris untuk masa depan mereka. Memberi kesiapan mental untuk memasuki dunia di era globalisasi yang mayoritas sudah menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa international. Yang kedua adalah gunakan media-media yang menarik perhatian si kecil seperti film kartun, lagu anak-anak berbahasa inggris, dan buku bergambar. Dengan begitu, si kecil tidak akan pernah merasa bosan seperti layaknya mendapat pelajaran di sekolah formal.

Sebagai orang tua, kita harus kreatif dalam mendidik dan mengajarkan anak. Melalui tokoh kartun favoritnya, belajar inggris akan terasa semakin menyenangkan. Ketika sang anak merasa senang, maka belajar inggris akan mudah terserap dan dengan mudah mereka akan semakin giat belajar inggris bersama anda.

Belajar dari Lagu dalam Bahasa Inggris

Pernah mendengar orang-orang, bahkan anak kecil, menyanyikan lagu berbahasa Inggris? Pasti akan banyak sekali Anda temukan. Memang, sekarang banyak sekali orang-orang Indonesia yang senang mendengarkan lagu berbahasa Inggris. Terlebih lagi banyak juga penyanyi internasional yang menggelar konser dunia, dan Indonesia merupakan salah satu negara tujuan mereka.
Menyanyi merupakan kegiatan yang menyenangkan. Tidak semua orang bisa menyanyi dengan baik, namun semua orang bisa menikmati  musik dengan caranya masing-masing. Dengan bernyanyi, orang-orang dapat terhibur dan melepas rasa tegangnya dari semua rutinitas mereka yang membosankan. Selain itu, menyanyi juga sama dengan mengekspresikan perasaan yang sedang dirasakan, seperti jatuh cinta, patah hati, gembira, dan lain-lain.
Bagi orang dewasa, menyanyikan lagu dalam bahasa Inggris bukan merupakan hal yang sulit lagi, karena dengan membaca liriknya, mereka sudah dapat mengerti apa maksud yang ada dalam lagu tersebut. Tetapi, bagi anak kecil itu merupakan hal yang sulit. Selain mereka belum mengerti arti dari kalimat bahasa Inggris tersebut, mereka juga belum dengan lancar menirukan cara membaca bahasa Inggris dengan benar. Hal ini bukan berarti harus menjauhkan anak kecil dari lagu dalam bahasa Inggris, justru harus memanfaatkan lagu tersebut sebagai media untuk mereka belajar bahasa Inggris.
Pemilihan lagu untuk mengajarkan bahasa Inggris pada anak kecil harus tepat. Jangan sampai lagu yang didengarkan merupakan lagu dewasa yang belum pantas untuk didengar oleh anak kecil. Banyak sekali lagu anak-anak dengan versi bahasa Inggris yang mudah dipahami. Lagu anak-anak juga berisi lirik yang pendek dan mudah untuk diajarkan.
Dengan panduan orangtua atau guru, mulailah dengan memperkenalkan nada dan cara membacanya. Kemudian, beri tahu arti dari kata-kata yang ada di dalamnya. Dengan begitu, mereka akan mengerti maksud dari lagu tersebut. Mereka akan merasa senang belajar dengan cara seperti itu, karena mereka juga akan merasa sedang bermain, sehingga suasana belajar tidak akan membosankan. Cara belajar seperti ini juga akan diingat oleh anak-anak di kemudian hari.

Pelajari Tata Bahasa Inggris di Sekolah Dengan Baik

Bahasa Inggris maupun bahasa Indonesia sama-sama memiliki tata bahasa yang harus dipelajari agar bahasa yang diucapkan dapat dengan mudah dipahami oleh lawan bicara. Penggunaan tata bahasa Inggris memiliki beberapa pembagian waktu yang membuat seolah-olah sulit untuk menghafalnya.
Tata bahasa Inggris sudah mulai diajarkan ketika seseorang duduk di pendidikan tingkat pertama (SMP). Siswa harus mengerti bagaimana cara menyusun kata-kata agar menjadi satu kalimat yang jelas sesuai dengan tata bahasa Inggris yang sudah ada. Karena banyaknya rumus yang harus diingat, bahasa Inggris menjadi pelajaran yang sulit dan membosankan bagi sebagian siswa. Padahal, jika siswa mampu memahami dengan baik, rumus-rumus tersebut tidak perlu susah-susah diingat setiap ingin membuat kalimat.


Sebagai guru yang mengajarkan tata bahasa Inggris, baik di kelas maupun di tempat kursus, harus memiliki metode pengajaran yang efektif dan menyenangkan, agar siswa dapat dengan senang mempelajari tata bahasa Inggris. Latihan yang rutin juga mampu mengasah kemampuan siswa dalam berdialog. Dengan seringnya latihan berdialog, siswa akan mampu menguasai bahasa Inggris dengan baik.

Belajar melalui film dengan subtitle Inggris juga akan membantu pemahaman siswa tentang tata bahasa Inggris yang baik. Selain itu, melalui film tersebut siswa akan terbiasa untuk mendengar percakapan dalam bahasa Inggris, sehingga mereka akan meniru percakapan yang ada dalam film tersebut dan akhirnya mendorong keingintahuan mereka tentang artinya. Lama-kelamaan mereka akan terbiasa menonton film barat dengan subtitle Inggris. Tentunya film yang disajikan adalah film yang masih pantas mereka tonton untuk usianya. Mereka jadi akan bisa membedakan mana film yang baik dan tidak bagi mereka.

Tata bahasa Inggris akan ditemui siswa hingga mereka lulus dari jenjang pendidikan SMA, setelah itu, mereka akan dituntut untuk bisa menerapkannya dengan baik. Pendidikan pada perguruan tinggi biasanya tidak lagi mengajarkan tata bahasa Inggris karena mereka dianggap telah mengerti. Jadi, bagi para pelajar, jangan malas untuk belajar bahasa Inggris di sekolah ya.

Pelajari Bahasa Inggris di Luar Sekolah


Pelajaran bahasa Inggris di sekolah seringkali dianggap belum cukup untuk siswa menguasai semua materinya. Apalagi bahasa Inggris merupakan pelajaran yang dianggap susah dan penting di sekolah. Semua siswa pasti ingin sekali mahir dalam menggunakan bahasa Inggris. Oleh karena itu, mendaftar di tempat kursus bahasa Inggris akan menjadi pilihan beberapa siswa yang ingin mengasah lebih dalam lagi mengenai bahasa Inggris.
Selain tempat kursus bahasa Inggris, banyak juga siswa yang mengikuti les private dengan guru bahasa Inggris yang profesional dan mampu mengajarinya bahasa Inggris dengan baik. Belajar secara private tentunya lebih menjanjikan, karena siswa tidak akan terganggu konsentrasinya dengan keramaian teman-teman yang lainnya. Ia juga akan lebih fokus karena bisa dengan bebas menanyakan apapun yang belum ia kuasai dengan guru private-nya tersebut.
Les private memang diharuskan membayar lebih mahal karena jam belajar yang khusus untuk satu siswa saja, dan bisa memilih jam belajar yang dapat disesuaikan. Guru yang disiapkan juga adalah guru profesional yang tidak akan diragukan kemampuan bahasa Inggrisnya. Dengan begitu, siswa dapat berdiskusi dengan gurunya secara pribadi, sehingga ia bisa memahami bahasa Inggris lebih dari teman-teman lainnya yang hanya mempelajari bahasa Inggris di sekolah.
Jadi, banyak sekali cara untuk mendapatkan pelajaran bahasa Inggris di luar pelajaran di sekolah. Biasanya, siswa yang aktif mengikuti les di luar sekolah akan menjadi siswa unggul di kelasnya. Karena mereka sudah mendapatkan pelajaran bahasa Inggris yang lebih banyak daripada siswa yang hanya mempelajarinya di sekolah. Meskipun membutuhkan biaya tambahan untuk mendapatkan lebih banyak pemahaman di luar sekolah, semua tidak akan sia-sia jika dibarengi dengan niat dan semangat siswa tersebut. Sehingga pelajaran yang mereka dapatkan tidak akan sia-sia bagi mereka.

Belajar Inggris Melalui Media online

Pernah mendengar istilah berikut tidak....
"Banyak Jalan Menuju Roma"

Jika Iya, kalian pasti tahu artinya kan? Artinya kurang lebih seperti ini: Banyak jalan yang dapat kita tempuh untuk mencapai suatu tujuan...
Nah, begitu juga dengan belajar inggris.Sekarang ini sudah sangat banyak media yang bisa dipergunakan untuk belajar bahasa inggris. Mulai dari belajar inggris di tempat kursus, belajar melalui media televisi (dengan cara membiasakan diri untuk tidak mengaktifkan subtitle pada film), belajar melalui musik atau lagu favorit, melalui buku bacaan seperti majalah luar negeri, novel dsb dan satu lagi melalui media online atau internet. Biasanya, kita lebih memilih untuk belajar inggris secara online karena beberapa faktor seperti tempat tinggal kita jauh dari keramaian pusat kota, tidak ada waktu untuk kursus, terbatasnya biaya, dan lain-lain.

Era globalisasi ini dimana semuanya sudah sangat canggih, kita dapat menemukan apapun di internet. Jangankan belajar inggris, belanja keperluan Rumah Tangga saja sudah bisa secara online. Nah, alangkah baiknya kita memanfaatkan teknologi ini. Ada banyak cara yang bisa dilakukan melalui situs-situs belajar online. Mulai dari download e-book belajar inggris, download practice conversation bahasa inggris, lagu-lagu dan lain sebagainya. Keuntungan lain ketika kita belajar inggris melalui media online adalah kita tidak harus mengeluarkan biaya besar. Dan, kita bisa mengatur waktunya kapanpun kita mau tanpa menghambat aktifitas sehari-hari seperti sekolah, kuliah, bekerja dan lainnya.

Berikut cara yang cukup efektif untuk belajar inggris melalui media online:
1. Gabunglah kedalam forum belajar inggris di suatu website. Disana kalian akan menemukan banyak topik bahasan dan kelompok orang-orang yang juga memiliki tujuan sama dengan anda.
2. Bergabung aftif dalam fanpage, misalnya Facebook fanpage yang cakupannya tentang belajar inggris. Biasanya, fanpage seperti itu menyediakan materi pembelajaran yang bisa diikuti bersama-sama, sehingga kalian juga akan memiliki teman diskusi.
3. Dengan mendaftarkan diri ke dalam kursus belajar inggris online. Pada hal ini, ada yang berbayar dan ada juga yang gratis. Namun yang berbayarpun tidak semahal di tempat kursus biasa.

Nah, dengan cara diatas, kalian akan semakin mudah belajar inggris. Yang penting adalah jangan lupa untuk latihan setiap harinya. Karena belajar suatu bahasa kuncinya adalah rajin latihan secara rutin.

Pages - Menu