Sabtu, 18 Mei 2013

Ajak Si Kecil Belajar Inggris

Siapa sih yang tidak ingin melihat si kecil tumbuh dan berkembang dengan lucunya? Pintar, riang, sehat dan menggemaskan. Setiap orang tua di belahan dunia manapun pasti menunggu-nuggu moment dimana anak dapat mulai belajar membaca, menulis, menari, bernyanyi dan sebagainya. Sangatlah menyenangkan melihat setiap detik perkembangan si kecil, ekspresi wajah si kecil ketika bingung akan materi yang sedang dipelajari, atau ekspresi gembira dan puasnya mereka ketika berhasil menjawab pertanyaan yang orang tua ajukan benar-benar moment yang tak akan terlupakan.

Beranjak usia balita keatas, seorang anak memasuki fase dimana rasa penasaran dan keingin tahuan mereka sangat besar. Bukan tidak mungkin mereka akan selalu bertanya tentang apa saja yang dilihatnya. Rasa ingin tahunya itu membuat mereka tak berhenti untuk mengeksplor terus apa yang ada di sekelilingnya. Disini, peran orang tua sangat penting, dimana anak-anak itu memerlukan bimbingan baik secara moral maupun pembelajaran.

Selain itu,  anak berusia balita hingga 12 tahun adalah masa dimana mereka memiliki kemampuan daya serap yang tinggi. Apa yang telah diajarkan di sekolah maupun dirumah akan dicerna dengan baik sehingga dapat diimplementasikan dengan baik juga. Para orang tua harus 'jeli' melihat kondisi ini, dan sebisa mungkin dimanfaatkan sebaik-baiknya. Bisa dengan mengajak si kecil kursus sesuai dengan minatnya seperti menari, menyanyi, memainkan alat musik, menjahit, dan yang terpenting adalah ajak si kecil untuk belajar inggris.

Bagaimana sih cara untuk menghimbau si kecil agar tertarik untuk belajar inggris? Pertama, orang tua harus bisa mengedukasi mereka pentingnya bahasa inggris untuk masa depan mereka. Memberi kesiapan mental untuk memasuki dunia di era globalisasi yang mayoritas sudah menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa international. Yang kedua adalah gunakan media-media yang menarik perhatian si kecil seperti film kartun, lagu anak-anak berbahasa inggris, dan buku bergambar. Dengan begitu, si kecil tidak akan pernah merasa bosan seperti layaknya mendapat pelajaran di sekolah formal.

Sebagai orang tua, kita harus kreatif dalam mendidik dan mengajarkan anak. Melalui tokoh kartun favoritnya, belajar inggris akan terasa semakin menyenangkan. Ketika sang anak merasa senang, maka belajar inggris akan mudah terserap dan dengan mudah mereka akan semakin giat belajar inggris bersama anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages - Menu