Sabtu, 18 Mei 2013

Belajar dari Lagu dalam Bahasa Inggris

Pernah mendengar orang-orang, bahkan anak kecil, menyanyikan lagu berbahasa Inggris? Pasti akan banyak sekali Anda temukan. Memang, sekarang banyak sekali orang-orang Indonesia yang senang mendengarkan lagu berbahasa Inggris. Terlebih lagi banyak juga penyanyi internasional yang menggelar konser dunia, dan Indonesia merupakan salah satu negara tujuan mereka.
Menyanyi merupakan kegiatan yang menyenangkan. Tidak semua orang bisa menyanyi dengan baik, namun semua orang bisa menikmati  musik dengan caranya masing-masing. Dengan bernyanyi, orang-orang dapat terhibur dan melepas rasa tegangnya dari semua rutinitas mereka yang membosankan. Selain itu, menyanyi juga sama dengan mengekspresikan perasaan yang sedang dirasakan, seperti jatuh cinta, patah hati, gembira, dan lain-lain.
Bagi orang dewasa, menyanyikan lagu dalam bahasa Inggris bukan merupakan hal yang sulit lagi, karena dengan membaca liriknya, mereka sudah dapat mengerti apa maksud yang ada dalam lagu tersebut. Tetapi, bagi anak kecil itu merupakan hal yang sulit. Selain mereka belum mengerti arti dari kalimat bahasa Inggris tersebut, mereka juga belum dengan lancar menirukan cara membaca bahasa Inggris dengan benar. Hal ini bukan berarti harus menjauhkan anak kecil dari lagu dalam bahasa Inggris, justru harus memanfaatkan lagu tersebut sebagai media untuk mereka belajar bahasa Inggris.
Pemilihan lagu untuk mengajarkan bahasa Inggris pada anak kecil harus tepat. Jangan sampai lagu yang didengarkan merupakan lagu dewasa yang belum pantas untuk didengar oleh anak kecil. Banyak sekali lagu anak-anak dengan versi bahasa Inggris yang mudah dipahami. Lagu anak-anak juga berisi lirik yang pendek dan mudah untuk diajarkan.
Dengan panduan orangtua atau guru, mulailah dengan memperkenalkan nada dan cara membacanya. Kemudian, beri tahu arti dari kata-kata yang ada di dalamnya. Dengan begitu, mereka akan mengerti maksud dari lagu tersebut. Mereka akan merasa senang belajar dengan cara seperti itu, karena mereka juga akan merasa sedang bermain, sehingga suasana belajar tidak akan membosankan. Cara belajar seperti ini juga akan diingat oleh anak-anak di kemudian hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages - Menu