Jumat, 17 Mei 2013

News Item Text

Hi my friends. Have you ever read Newspaper or Magazine? Of course, you have. Tahu gak sih bahwa tulisan yang ada di Koran atau majalah itu adalah tulisan jenis News Item Text yang merupakan salah satu dari jenis-jenis teks dalam bahasa Inggris (Types of Text). Dan dalam kesempatan ini kita coba suguhkan penjelasan tentang News Item Text berikut dengan contohnya.
Okay silakan di baca ya, itung-itung bisa buat mengerjakan tugas dari sekolah. Moga Bermanfaat.
News Item Text_GEC KHAS Kempek
News Item Text_GEC KHAS Kempek
A. Pengertian News Item Text
News Items Text adalah salah satu  (Types of Text)  yang memberi informasi kepada pembaca mengenai kejadian-kejadian yang terjadi sehari-hari. Kejadian-kejadian tersebut yang disampaikan kepada pembaca adalah kejadian yang dianggap penting, hangat dan patut dijadikan berita.
B. Tujuan Komunikatif News Item Text
Tujuan komunikatif dari News Items Text adalah memberitakan kepada pembaca, pendengar atau penonton tentang peristiwa-peristiwa atau kejadian-kejadian yang dipandang penting atau layak diberitakan.
C. Generic Structure News Item Text
Pada teks bahasa Inggris yang berjenis News Item Text, terdapat tiga bagian dalam setiap struktur kebahasaannya, yaitu:
1. Newsworthy Event
Bagian pertama dari struktur kebahasaan News Item Text yang sering disebut Main Event adalah bagian yang menceritakan atau berisi berita tentang peristiwa atau kejadian inti yang biasanya dalam bentuk ringkasan atau Summary.
2. Backgroud Event
Bagian kedua dari struktur kebahasaan News Item Text atau yang sering disebut juga dengan Elaboration adalah bagian yang menceritakan atau berisi tentang latar belakang peristiwa atau kejadian, siapa yang terlibat dan di mana tempat kejadiannya.
3. Source
Bagian terakhir dari struktur kebahasaan News Item Text adalah bagian yang menceritakan atau berisi tentang komentar, saksi kejadian, pendapat para ahli, dsb. mengenai peristiwa atau kejadian yang diberitakan.
D. Ciri Kebahasaan News Item Text
Di setiap teks bahasa Inggris yang berjenis News Item Text, terdapat ciri-ciri kebahasaan seperti berikut ini:
  • Informasi singkat tertuang dalam headline
  • Memfokuskan pada kejadian
  • Menggunakan action verb
  • Menggunakan material process
E. Contoh News Item Text
Di bawah ini coba kita sertakan contoh News Item Text untuk menambah pemahaman anda mengenai penjelasan News Item Text di atas.
Seven Killed in Accident on Jalan Sultan
Newsworthy Event
Seven people were killed in a collision between a bus, a car and a truck at 10:35 p.m. on Jalan Sultan last night.
Backgroud Event
The dead were all passengers in the car. Police believe the car may have been trying to overtake the bus when it was struck by a truck coming from the opposite direction. The driver of the car may not have been using his lights, as the truck driver said he did not see the car approaching.
Sources
The police said the car should not have been trying to pass the bus, since overtaking is not allowed on Jalan Sultan. In addition, the police reported that the car–a small Japanese car–should not have been carrying more than five people. The names of the victims are not yet known.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages - Menu