Jumat, 17 Mei 2013

Pentingnya Berani Berbicara Bahasa Inggris

Banyak orang yang merasa malu untuk berbicara bahasa Inggris, banyak juga orang yang sangat percaya diri berbicara bahasa Inggris meskipun banyak grammar yang kurang tepat. Proses pembelajaran tidak bisa instan, perlu waktu untuk membiasakan diri menghadapi pelajaran bahasa Inggris.

Dalam menguasai bahasa Inggris, ada penguasaan secara pasif, ada pula yang secara aktif. Penguasaan bahasa Inggris secara pasif biasanya hanya menguasai aspek writing, sedangkan yang secara aktif menguasai aspek speaking. Orang aktif akan dengan mudah bercakap-cakap dengan menggunakan bahasa Inggris. Kebalikannya dengan orang pasif. Meskipun ia juga menguasai bahasa Inggris, tapi ia tidak bisa atau  malu untuk berbicara dengan menggunakan bahasa Inggris.

Kepercayadirian itu yang seharusnya dilatih untuk dapat menguasai diri dalam suatu percakapan Inggris. Untuk dapat berani, seseorang harus rajin berlatih bercakap-cakap. Latihan tersebut bisa juga dilakukan di kelas, misalnya dengan belajar presentasi dengan menggunakan bahasa Inggris. Dalam presentasi tersebut, akan ada interaksi antar murid dan guru. Semakin banyak berlatih, maka semakin mudah siswa menguasai rasa percaya dirinya.

Selain di kelas, mereka juga bisa berlatih sendiri dengan cara memperbanyak berbicara dengan orangtua atau teman sebaya menggunakan bahasa Inggris. Jika tidak dilatih, maka saat bertemu orang asing yang mengajak berbicara melalui bahasa Inggris, mereka akan canggung dan bingung untuk membalas percakapannya karena hanya terbiasa berlatih bahasa Inggris secara pasif.

Dalam dunia kerja, orang-orang akan dituntut untuk dapat berani berbicara menggunakan bahasa asing, khususnya bahasa Inggris. Karena dalam suatu pekerjaan, banyak rekan kerja yang berasal dari luar negeri dan mengharuskan kita untuk saling berbicara dengan menggunakan bahasa Inggris. Latihan yang dimulai sejak di bangku pendidikan akan menolong seseorang untuk dapat berani berbicara bahasa Inggris dengan lantang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages - Menu