Kamis, 16 Mei 2013

Kata Ganti Kepunyaan / possessive pronoun

Kata Ganti Kepunyaan / possessive pronoun
My, your, his, her, its, our dan their merupakan kata ganti kepunyaan. Possessive pronoun sendiri menunjukkan sifat kepemilikan. Jadi kata benda yang diikuti oleh possessive pronoun akan menunjukkan bahwa benda tersebut telah ada yang memilikinya.
Contohnya :
my girlfriend ( cewek gue )
your mother ( nyokap elu )
our house ( rumah kita )
kata my, your, his, her, its, our dan their ini banyak juga yang menyebutnya sebagai possessive adjective dikarenakan sifatnya yang mengikat kata benda yang kemudian menjadikannya kepada sebuah kepemilikan.
Nah terus apakah ada possessive pronoun yang tidak dikuti oleh kata benda? Jawabannya adalah ADA! Nah untuk kasus ini kata gantinya di ubah menjadi mine, yours, his, hers, ours dan theirs. Ya bedanya sebelas dua belas dengan contoh kata ganti diatas, kurang lebih cuma beda huruf “s” saja. Nah bagaimana pola bentuk penulisannya pada kalimat? Oke sekarang mari kita lihat contohnya.
CEKIDOT!
Contoh :
That house is mine ( rumah itu milik gue )
I am yours ( aku adalah milikmu )
Your house and mine are expensive ( rumah lo dan rumah gue mahal )
Nah selain contoh diatas, ada pula yang di ikuti of kata “ of “
The house of mine is very luxury ( rumah gue mewah banget )
The mother of yours is so sexy ( nyokap lo seksi banget )
Dari beberapa contoh diatas dapat kita perhatikan bahwa semuanya menunjukkan sebuah pola kepemilikan, akan tetapi hanya bentuk penyusunan katanya saja yang berbeda padahal artinya kurang lebih sama.
Coba perhatikan  :
My book ( buku gue )
Book of mine (buku gue )
The book is mine ( buku gue )
Ketiga-tiganya sama-sama menunjukkan arti bahwa gue / saya adalah pemilik buku tersebut. Bedanya cuma pada padanan katanya saja.
the blog of mine = this blog is mine =this is my blog
Oke semoga mengerti ya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages - Menu