Sabtu, 18 Mei 2013

Vocabulary dalam Belajar Bahasa Inggris

Pada tahap awal belajar bahasa Inggris, vocabulary adalah salah satu hal yang penting untuk dipelajari. Para siswa dituntut untuk dapat menghafal semua vocabulary secara bertahap. Dari sekian banyak vocabulary yang ada, bagaimana agar dengan mudah dihafalkan oleh siswa?
Semuanya ada dalam kamus bahasa Inggris. Tetapi, tebalnya kamus membuat siswa malas untuk membuka apalagi membaca semua isi yang ada dalam kamus tersebut. Biasanya, kamus hanya digunakan untuk mencari arti dari suatu kata yang belum dimengerti maknanya. Tidak semua kata-kata yang ada di sana dapat diserap dalam otak para siswa. Perlahan-lahan, mereka akan mengerti dan menghafal vocabulary dalam belajar bahasa Inggris.
Salah satu cara yang biasanya digunakan adalah dengan menuliskan kata baru yang didapat setiap harinya setiap belajar bahasa Inggris. Di kelas, tempat les, atau di jalan menemukan suatu bahasa Inggris yang belum tahu artinya, catat semua dalam sebuah kertas atau buku catatan. Setalah sampai di rumah, cari arti dari kata-kata tersebut, lalu tulis kembali dalam buku catatan. Sebelum selesai belajar bahasa Inggris malam hari, biasakan untuk membaca ulang catatan-catatan tersebut sehingga semua kata-kata yang telah ditulis akan mudah diingat satu per satu.
Kumpulkan semuanya setiap hari, baca ulang, dan coba berlatih membuat kalimat dari kumpulan vocabulary yang telah dikumpulkan, akan membuat ingatan siswa lebih kuat. Metode ini telah banyak dilakukan siswa-siswa yang baru saja belajar bahasa Inggris. Semakin siswa tersebut naik ke tingkat yang lebih tinggi, semakin banyak pelajaran yang akan didapat, semakin banyak juga metode yang bisa diterapkan untuk belajar bahasa Inggris yang lainnya.
Semakin unik metode yang diciptakan untuk belajar bahasa Inggris, semakin mudah untuk siswa mengingat pelajaran tersebut dan tidak akan susah menerapkannya di tempat mereka belajar. Untuk itu, peran guru dan orangtua di sini sangat besar untuk membimbing dan membantu mereka.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages - Menu