Minggu, 19 Mei 2013

Kesalahan umum penggunaan bahasa Inggris - part two

Beberapa hari yang lalu saya sudah membahas beberapa kesalahan yang sering dilakukan dalam penggunaan bahasa inggris. kali ini saya akan mencoba membahas kesalahan-kesalahan lain yang saya kira penting untuk diketahui bersama. ok, let’s discuss!
Awhile VS  a while
barangkali anda pernah melihat dua kata ini dan sering menggunakannya. sekilas kedua kata ini memang mirip dan hanya sedikit berbeda pada penulisan. namun kalau anda salah menggunakan maka artinya bakal salah.
Awhile (noun) berarti sebentar kalau diterjemahkan kedalam bahasa indonesia atau a short spell.
A while (adverb) juga berarti sebentar namun berbeda posisi ketika digunakan dalam kalimat atau for a short spell
ex : it has been a while since I met with Desy. (bisa juga menggunakan preposisi “for”,khusus untuk a while. (ex : can I talk for a while)
let’s wait awhile. jgn gunakan “for” pada awhile (ex: let’s wait for awhile = salah)
NOTE : preposisi hanya bisa dipadankan dengan A while
Alright VS all right
pernah melihat dua kata diatas? saya yakin dua kata ini tidak asing lagi dan sering digunakan. tapi tahukah anda kalau banyak kesalahan pada kedua kata ini.
Alright adalah adjective/adverb yang sering digunakan untuk mempersingkat all right dan ini dianggap nonstandard  dalam penggunaan bahasa inggris bahkan dianggap salah (silahkan cek di kamus Longman)
All right biasa dipakai untuk merespon hal yang positif menunjukkan kepuasan,kesetujuan dan penerimaan
ex : what is the food like? “it’s all right ” (bagaimana makananya? “bagus”)

why don’t we go to the movie? “all right” ( bagaimana kalau kita ke bioskop? “baiklah”)
Amongst VS Among
kedua kata ini memiliki makna yang sama dan bisa digunakan dalam kalimat yang sama tanpa mengubah makna. setelah saya mencoba melakukan pencarian lebih jauh, saya mendapatkan bahwa amongst lebih familiar digunakan oleh orang inggris atau British. dan kata among lebih dianggap formal untuk digunakan dalam penulisan karena amongst dianggap old-fashioned(ketinggalan jaman)
ex : The letter is somewhere among these papers on the desk (surat ada di antara kertas-kertas di atas meja)
NOTE : gunakan among hanya untuk membandingkan hal yang banyak, tidak untuk yang hanya 2 hal (ex : among the two guys, I like him better =salah, gunakan between untuk yang bersifat dua hal)
Farther VS Further
berhati-hatilah dalam menggunakan kata diatas. kedua kata ini bisa dibedakan dari dua segi. pertama: jika anda bermaksud menyatakan jarak yang bersifat lahiriah atau fisik maka gunakan farther
ex : I chased my cat farther than two miles (saya mengejar kucingku lebih dari dua mil)

namun jika ingin membuat kalimat yang bermaksudjarak  kiasan maka gunakan further
ex : you are welcome to discuss this issue further with the manager (silahkan bahas masalah ini lebih lanjut dengan manajer)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages - Menu