Minggu, 19 Mei 2013

Memanfaatkan Facebook untuk belajar Bahasa Inggris

Situs jejaring sosial sekarang ini telah menjadi salah satu alat komunikasi yang paling populer. Orang menggunakannya sebagai cara yang paling cepat untuk menemukan teman dan keluarga, pekerjaan, dan berbagi ide atau opini. Tapi bagaimana dengan menggunakan situs-situs jejaring sosial tersebut untuk belajar bahasa?
Fast payday loans For Every One
Sekarang ini, Facebook masih menjadi favorit banyak orang di seluruh dunia. Tidak mengherankan jika kemudian banyak orang, khususnya yang bukan penutur asli bahasa Inggris, telah mencoba memanfaatkan Facebook sebagai sebuah medium untuk belajar bahasa Inggris. Pertanyaannya, “Bagaimana menggunakan Facebook untuk belajar bahasa Inggris”?
Berikut ini beberapa kiat jika Anda tertarik untuk memanfaatkan Facebook sebagai alat untuk belajar atau meningkatkan kemampuan bahasa Inggris Anda.
1. Mengganti bahasa antar-muka menjadi bahasa Inggris
Ini adalah hal pertama yang harus Anda lakukan. Mengapa? Di situs Facebook banyak kutipan-kutipan atau frasa yang sering Anda baca, khususnya pesan-pesan notifikasi. Jika kata-kata tersebut tertulis dalam bahasa Inggris maka hal itu akan sangat membantu Anda mempelajari kata-kata atau frasa-frasa baru, seperti misalnya
  • you like this,
  • someone sent you a message,
  • someone shared a photo,
  • changing profile pics,
  • someone mentioned you, etc.
2. Menulis status dan berkomentar dalam bahasa Inggris
Ketika ada sesuatu yang baru atau menyenangkan terjadi dalam hidup Anda, mengapa tidak menulisnya di facebook dalam bahasa Inggris? Anda tidak harus memiliki bahasa Inggris yang perfect untuk memberitahukan kepada orang info-info tentang misalnya apa menu makan siang Anda, dimana Anda pergi berlibur, atau bagaimana perasaan Anda.
Dan apabila ada teman yang menulis status tentang diri mereka sendiri, Anda bisa melakukan lebih dari sekadar “like”. Anda bisa menceritakan kepada mereka apa pendapat Anda, tentunya dalam bahasa Inggris.
3. Berteman dengan penutur bahasa Inggris
Salah satu masalah yang paling umum dialami oleh orang yagn belajar bahasa Inggris adalah sulitnya menemukan penutur asli bahasa Inggris yang bisa dijadikan sarana untuk latihan bahasa Inggris. Mengapa tidak menggunakan Facebook untuk berinteraksi dengan penutur bahasa Inggris? Melalui berteman dengan penutur asli bahasa Inggris, Anda belajar banyak dari update-update status mereka, dari komentar-komentar mereka, dan dari apa saja yagn mereka tulis di Facebook. Anda bisa menemukan teman asing lewat fasilitas pencarian teman atau mencarinya di grup dan fanpage.
4. Bergabung dengan grup belajar bahasa Inggris
Ada banyak grup di Facebook yang memang dibuat khusus untuk orang-orang yagn ingin belajar bahasa Inggris. Dengan bergabung di grup-grup seperti ini, Anda bisa berinteraksi dengan anggota-anggotanya yang lain. Meskipun interaksi yang dilakukan hanya sebatas pada komunikasi teks, namun itu akan sangat membantu dalam meningkatkan perbendarahaan kata danf rasa Anda serta menambah kepercayaan menggunakan bahasa Inggris. Salah satu grup belajar bahasa Inggris yang telah memiliki ribuan anggota adalah Let’s Speak English.
5. “Menyukai” fanpage yang terkait dengan bahasa Inggris
Ada beberapa organisasi atau individu yagn memiliki fanpage khusus untuk orang-orang yagn ingin belajar bahasa Inggris, diantaranya adalah VOA Learning English dan LetSpeakEnglish.
Jadi Facebook memang bukan sekadar tempat berinteraksi dengan teman! Belajar bahasa Inggris bisa menjadi menyenangkan dan jika Anda menghabiskan banyak waktu di media sosial ini, maka Anda akan rugi jika tidak memanfaatkannya untuk belajar bahasa Inggris.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages - Menu