Sabtu, 18 Mei 2013

Bahasa Inggris Untuk Pemula

Walaupun dewasa ini bahasa inggris sangatlah penting dalam kehidupan sehari-hari, akan tetapi masih banyak yang belum bisa berbahasa inggris. Ada yang tidak lancar ketika melakukan percakapan, ada yang tidak bisa membaca dan lain sebagainya. Apakah dengan begitu kalian langsung merasa 'kecil' dan malu dalam bermasyarakat? Janganlah berkecil hati! Ayo mulai dari sekarang untuk belajar bahasa inggris.

Ketika kita sudah memiliki niat untuk bisa, tidak ada yang tidak bisa dijalankan. Asalkan kita punya kemauan keras untuk terus belajar. Mungkin beberapa orang ada yang sudah sangat mahir untuk bisa berbahasa inggris, namun tidak sedikit juga yang masih tersendat-sendat dan malah ada juga yang sangat asing dengan bahasa inggris bahkan ia tidak bisa melafalkan bendahara kata dengan jelas dan benar.

Nah, biasanya ketika seseorang sedang mempelajari suatu hal akan mencari cara yang instan dan mudah. Apalagi jika orang tersebut sudah berada di dunia kerja yang tidak mempunyai cukup waktu untuk les/kursus, namun di dalam pekerjaan dituntut untuk bisa berbahasa inggris. Bahasa inggris sebenarnya cukup mudah dipelajari. Apalagi di jaman dimana internet sudah menjadi bagian dalam hidup, banyak teknologi dan metode yang bisa membuat kita mahir bahasa inggris.

Alasan seseorang gagal ketika sedang belajar adalah kebanyakan dari mereka merasa bosan atau putus asa. Dan mereka menganggap bahwa belajar bahasa sama dengan belajar ilmu pengetahuan lain, sedangkan belajar bahasa itu berbeda karena bahasa merupakan keterampilan yang memang harus rutin dilatih setiap harinya. Maka, mencari metode yang menyenangkan akan mempermudah kita untuk belajar bahasa inggris.

Apa sih yang harus dilakukan seorang pemula untuk belajar bahasa inggris:
1. Kosakata. Ini wajib dilakukan, untuk menghapal kosakata bahasa inggris. Misalnya, cobalah untuk menghapal 10-20 kosakata setiap harinya. Dengan begitu, kosakata anda akan semakin kaya
2. Lafal atau pengucapan. Cobalah berlatih untuk mengucapkan kosakata bahasa inggris dengan benar.
3. Tata Bahasa. Semua bahasa memiliki tata bahasa yang berbeda. Ini juga yang penting untuk dilakukan. Anda harus bisa merangkai kata demi kata dalam bahasa inggris sehingga membuat kalimat yang baik dan benar
4. Mendengarkan. Latihlah panca indera anda untuk mendengar kalimat bahasa inggris tanpa melihat teksnya. Ini penting untuk melatih sensitivitas pendengaran anda.
5. Membaca dan artikan setiap cerita yang anda baca. Jika menemukan kesulitan, buka kamus untuk mencari kata yang anda tidak tahu artinya
6. Bicara. Ini merupakan hal utama ketika seseorang mulai mempelajari suatu bahasa. Percakapan sangatlah penting, karena pada akhirnya kita akan berada pada kondisi kita harus berbicara dengan menggunakan bahasa inggris. Misalnya, anda bekerja pada suatu perusahaan yang memiliki atasan orang asing.

Jika hal-hal diatas sudah dilakukan dengan benar, anda pasti bisa berbahasa inggris dengan baik. Namun ada satu hal lagi yang dapat menunjang anda untuk belajar yaitu gunakan media yang tepat dan praktek! Ya, pernah dengar istilah "Practice Makes Perfect"? Nah sama halnya dengan bahasa inggris yang memerlukan praktek dan latihan terus menerus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages - Menu