Minggu, 19 Mei 2013

Kesalahan Pengucapan dalam Bahasa Inggris

Dengan ditetapkannya bahasa inggris sebagai bahasa internasional membuat kita mau tidak mau harus menguasainya.
Tak jarang suatu perusahaan menuntut calon pekerjanya (pelamar) mampu menggunakan bahasa inggris dengan baik, umumnya dalam hal berbicara. Di jenjang pendidikan pun juga telah dituntut untuk pandai berbahasa inggris. Padahal, bagi sebagian orang berbicara dengan bahasa inggris alias speaking bukanlah hal yang mudah.
Dalam penggunaannya sebagai bahasa dunia, ternyata ada beberapa (banyak) kesalahan yang biasa dilakukan oleh orang, khususnya dalam hal pengucapan (speaking).
Bahkan, orang dari Amerika maupun Inggris sebagai negara asalnya sekalipun juga ada yang tak luput dari kesalahan tersebut.
Lalu, apa sajakah kesalahan tersebut?
Kata apa sajakah yang sering salah dalam pengucapannya?
Mari kita simak . . .

Berikut ini adalah beberapa kata yang termasuk dalam kategori ‘sering’ terjadi kesalahan dalam pengucapannya . . .
  1. aegis
    Huruf AE pada kata ini dibaca /ee/. Jadi, kita harus mengejanya /EE-JIS/, bukan /ay-jis/. Dalam mitologi Yunani, ‘aegis’ merupakan perisai Dewi Athena dengan kepala Gorgon di depannya.
  2. anyway
    Seringkali terdengar orang mengucapkan kata ini dengan menambahkan bunyi huruf S di belakangnya, sehingga terdengar menjadi anyways. Seharusnya diucapkan anyway.
  3. archipelago
    Berhubung kata ini berasal dari nahasa Yunani, maka CH dieja /k/. Jadi, ucapkan sebagai /AR-KI-PEL-A-GO/, bukan /arch-i-pel-a-go/.
  4. arctic
    Perhatikan huruf C setelah huruf R. Ucapkan /ARK-TIK/, bukan /ar-tik/
  5. accessory
    Huruf C pertama pada kata tersebut diucapkan dengan bunyi /k/ yang kuat. Jadi, ucapkan /AK-SESS-OR-Y/, bukan /ass-ess-or-y/.
  6. ask
    Huruf S muncul sebelum huruf K. Jadi, ucapkan /ASK/ bukan /aks/.
  7. asterisk
    Mari kita perhatikan huruf S yang kedua. Seharusnya kita mengucapkan /AS-TER-ISK/, bukan /as-ter-ik/.
  8. athlete
    Kata tersebut terdiri dari dua suku kata, bukan tiga. Jadi, ucapkan /ATH-LETE/, bukan /ath-uh-lete/.
  9. barbed wire
    Perhatikan AR pada suku kata pertama. Ucapkan /BARBD/, bukan /bob/.
  10. cache
    Aslinya kata ini berasal dari bahasa perancis, tetapi tidak diakhiri dengan huruf E beraksen. Jika diartikan, ‘chace’ adalah tempat persembunyian atau sesuatu yang disembunyikan, misalnya: cache of supplies; a cache of money; a cache of drugs. Ucapkan /KASH/, bukan /ka-shay/.
  11. candidate
    Perhatikan huruf D yang pertama. Ucapkan /KAN-DI-DATE/, bukan /kan-i-date/.
  12. cavalry
    Kata ini mengacu pada pasukan atau prajurit berkuda. Ucapkan /KAV-UL-RY/, bukan /kal-vuh-ry/.
    Catatan: Berbeda dengan Calvary yang yang mengacu pada tempat di mana Yesus disalib, kata tersebut diucapkan /kal-vuh-ry/.
  13. chaos
    Dalam bahasa inggris pengucapan CH bisa dilakukan dengan tiga cara yang berbeda: /tch/ seperti pada kata ‘church’, /k/ seperti pada kata ‘Christmas’, dan /sh/ seperti pada kata ‘chef’. Bunyi kata yang pertama adalah pengucapan asli dalam bahasa inggris dan yang paling umum. Bunyi kedua CH, /k/, aslinya berasal dari bahasa Yunani. Bunyi yang ketiga (paling tidak umum jika dibandingkan dengan dua bunyi yang lain) merupakan hasil adopsi dari bahasa Prancis modern. ‘Chaos’ merupakan kata yang berasal dari bahasa Yunani. Jadi, ucapkan /KAY-OS/, bukan /tchay-os/.
  14. clothes
    Perhatikan pengucapan dan bunyi TH pada kata tersebut. Ucapkan /KLOTHZ/, bukan /kloz/.
  15. daïs
    Jika diartikan, ‘daïs’ adalah mimbar. Umumnya, kesalahan pengucapan terjadi dengan membalikkan suara vokal. Kata tersebut sering salah eja dan salah ucap. Ucapkan /DAY-IS/ bukan /di-is/.
  16. dilate
    Kata ini terdiri atas dua suku kata, bukan tiga. Katakan /DI-LATE/, bukan /di-a-late/.
  17. drowned
    Kata ini merupakan bentuk past participle dari kata ‘drown’. Perhatikan bahwa tidak ada huruf D di belakang kata ‘drown’. Jangan tambahkan bunyi D ketika menggunakan kata ini dalam bentuk lampau. Jadi, seharusnya ucapkan /DROWND/, bukan /drown-ded/.
  18. et cetera
    Istilah latin ini sering salah diucapkan, termasuk juga singkatannya juga sering salah eja maupun salah tulis. Seharusnya ucapkan /ET CET-ER-A/, bukan /ex cet-er-a/. Sedangkan untuk singkatannya, tulis etc., bukan ect.
  19. February
    Kebanyakan orang membuang huruf R pertama dalam kata tersebut. Seharusnya, pengucapan yang benar adalah /FEB-ROO-AR-Y/, bukan /feb-u-ar-y/.
  20. foliage
    Kata ini terdiri dari tiga suku kata. Jadi, ucapkan /FO-LI-UJ/, bukan /fol-uj/.
  21. forte
    Ada dua kata dalam bahasa inggris yang dieja dengan cara ini. Salah satunya berasal dari bahasa italia dan yang satunya lagi berasal dari bahasa perancis. Kata ‘forte’ yang berasal dari bahasa italia merupakan istilah di bidang musik yang berarti ‘lantang’ (loud) dieja dengan dua suku kata: /FOR-TAY/. Sedangkan kata ‘forte’ yang berasal dari bahasa perancis merupakan sebuah kata sifat yang memiliki makna ‘kekuatan’ atau ‘titik kekuatan’ dan diucapkan dengan satu suku kata: /FORT/.
  22. Halloween
    Kata yang digunakan untuk menggambarkan perayaan orang Amerika setiap tanggal 31 Oktober ini berasal dari frase ‘Hallowed Evening’ yang memiliki makna ‘malam yang telah disucikan’. Kata ‘hallow’ berasal dari bahasa inggris kuno halig, yang berarti ‘suci’ (holy). Perhatikan huruf A pada suku kata pertama. Seharusnya kita mengucapkan /HAL-O-WEEN/, bukan /hol-lo-ween/.
  23. height
    Kata tersebut diakhiri dengan bunyi /T/, bukan bunyi /TH/. jadi, ucapkan /HITE/, bukan /hith/.
  24. heinous
    Bagi yang tidak kenal dengan acara TV, Law and Order: S.V.U. mungkin tidak tahu bahwa kata ‘heinous’ terdiri dari dua suku kata. (Acara ini dimulai dengan kalimat: ‘In the criminal justice system, sexually based offenses are considered especially heinous.‘). Jadi, ucapkan /HAY-NUS/, bukan /heen-i-us/.
  25. hierarchy
    Kata ini memiliki empat suku kata. Jadi, ucapkan /HI -ER-AR-KY/ bukan /hi-ar-ky/.
  26. illinois
    Sama dengan kata ‘arkansas’, huruf S terakhir pada kata ‘illinois’ tidak diucapkan. Jadi, ucapkan /IL-I-NOY/ (dan /Ar-kan-saw/), bukan /il-li-noiz/ (atau /ar-kan-sas/).
    Catatan: Beberapa orang ada yang mengucapkan kata ‘arkansas’ menjadi /ar-kan-zuz/ sehingga dikira berhubungan dengan ‘Kansas’, padahal tidak sama sekali.
  27. interpret
    Kata ini terdiri atas tiga suku kata. Jangan tambahkan satu suku kata lain! Jadi, ucapkan /IN-TER-PRET/, bukan /in-ter-pre-tate/.
  28. incident
    Suatu kejadian yang terjadi disebut ‘incident‘. Jangan ucapkan ‘incidence‘ untuk menggambarkan kejadian yang spesifik. Kata ‘incidence‘ memang ada, tetapi memiliki arti yang berbeda.
    Catatan: ‘incident’ merupakan kejadian yang terjadi dan direncanakan, sedangkan ‘accident’ merupakan kejadian yang tidak direncanakan.
  29. irregardless
    Lihat kata ‘regardless’.
  30. jewelry
    Kata ini terdiri dari tiga suku kata. Jadi, ucapkan /JEW-EL-RY/, bukan /jew-el-er-y/.
    Pengucapan /jewl-ry/ memang sering terdengar, tetapi sebenarnya tidak tepat karena pada ejaan tersebut membuang satu suku kata.
  31. library
    Perhatikan letak huruf R pada kata ini. Ucapkan /LI-BRAR-Y/, bukan /li-ber-ry/.
  32. medieval
    Kata ini terdiri atas empat suku kata. Huruf E pertama bisa dibaca pendek (/me-/) atau panjang (/mee-/). Jadi, ucapkan /MED-EE-EEVAL/ atau /MEE-DEE-EEVAL/, bukan /meed-eval/.
  33. miniature
    Kata ini terdiri dari empat suku kata. Jadi, ucapkan /MIN-I-A-TURE/, bukan /min-a-ture/.
  34. mischievous
    Kata ini merupakan bentuk kata sifat dari kata ‘mischief’ yang memiliki arti ‘bencana’ (calamity) atau ‘bahaya’ (harm). Kata ‘mischievous’ dikaitkan dengan ‘kesenangan yang tidak berbahaya’ (harmless fun) sehingga kata ‘malicious mischief’ (kenakalan yang berbahaya) merupakan istilah lain dari ‘vandalism’. Kata ‘mischievous’ memiliki tiga suku kata dengan penekanan pada suku pertamanya: /MIS-CHI-VUS/. Jangan ucapkan /mis-chee-vee-us/.
  35. niche
    Kata tersebut berasal dari bahasa perancis (walaupun banyak kata yang berasal dari bahasa perancis diserap menjadi bahasa inggris untuk penggunaan standar), kata tersebut diucapkan dengan bunyi E yang panjang dan bunyi /SH/ untuk CHE. Jadi, ucapkan /NEESH/, bukan /nitch/.
  36. orient
    Kata ini terdiri dari tiga suku kata. Sebagai kata kerja, kata ini berarti ‘menempatkan sesuatu pada posisi yang tepat dalam kaitannya dengan sesuatu yang lain’. Kata ini berasal dari kata yang berarti ‘timur’ (east) dan aslinya memiliki arti ‘menempatkan sesuatu yang mengarah ke timur’. Sekarang kata ini telah digunakan dengan makna yang lebih umum. Ucapkan /OR-I-ENT/, bukan /or-i-en-tate/.
  37. old-fashioned
    Kata sifat ini terbentuk dari past participle: ‘fashioned’. Jangan hilangkan huruf ED. Ucapkan /OLD-FASHIOND/, bukan /old-fashion/.
  38. picture
    Ada bunyi huruf K pada kata tersebut. Jangan menyamakan kata ‘picture’ dengan kata ‘pitcher’. Ucapkan /PIK-TURE/, bukan /pitch-er/, karena ‘pitcher’ merupakan kata yang berbeda.
  39. precipitation
    Kata ini merupakan kata benda yang mengacu pada hujan atau salju, atau apapun yang jatuh dari angkasa (secara normal). Sama dengan kata ‘prescription’ (di bawah), menggunakan awalan PRE-. Jadi, ucapkan /PRE-CIP-I-TA-TION/, bukan /per-cip–i-ta-tion/.
  40. prescription
    Perhatikan awalan PRE- pada kata ini. Ucapkan /PRE-SCRIP-TION/, bukan /per- scrip-tion/ atau /pro-scrip-tion/.
  41. preventive
    Kata ini terdiri dari tiga suku kata. Kesalahan yang sering terjadi adalah penambahan suku kata pada kata tersebut. Jadi, ucapkan /PRE-VEN-TIVE/, bukan /pre-ven-ta-tive/.
  42. pronunciation
    Kata ini merupakan kata benda. Kata ini berasal dari kata kerja ‘pronounce’, tetapi tidak dilafalkan sama seperti kata kerjanya. Ucapkan /PRO-NUN-CI-A-TION/, bukan /pro-nounce-i-a-tion/.
  43. realtor
    Kata ini terdiri atas tiga suku kata. Ucapkan /RE-AL-TOR/, bukan /re-a-la-tor/.
  44. regardless
    Kata ini terdiri dari tiga suku kata. Jangan menambahkan IR sehingga membuatnya menjadi ‘irregardless’.
  45. sherbet
    Kata ini hanya mengandung satu huruf R. Jadi, ucapkan /SHER-BET/ bukan /sher-bert/.
  46. spayed
    Kata ini hanya terdiri dari satu suku kata, merupakan bentuk past participle dari kata kerja ‘spay’, yang berarti ‘memandulkan’ (hewan). Seperti kata kerja ‘drown’ (di atas), kata ‘spay’ tidak memiliki huruf D dalam bentuk infinitive-nya. Jadi, jangan tambahkan huruf D dalam bentuk past participle-nya. Ucapkan /SPADE/, bukan /spay-ded/.
  47. ticklish
    Kata ini terdiri atas dua suku kata. Ucapkan /TIK-LISH/, bukan /tik-i-lish/.
  48. vehicle
    Walaupun ada huruf H pada kata ini, bunyi H tidak diucapkan. Jadi, ucapkan /VEE-IKL/, bukan /vee-hikl/.
  49. wintry
    Kata ini sering salah diucapkan, bahkan oleh orang yang ahli cuaca sekalipun. Kata ini terdiri dari dua suku kata. Jadi, ucapkan /WIN-TRY/, bukan /win-ter-y/.
Itulah beberapa kesalahan yang sering ditemui dalam pengucapan kata bahasa inggris.
Kata pada nomor berapakah bagi Anda yang sering salah? :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages - Menu