Rabu, 15 Mei 2013

Debat Rumus Tenses



Sebelumnya saya ucapkan terima kasih kepada Mr. Rey yang udah berkunjung di blog saya ini. Terus terang saya tidak mengenal beliau, akan tetapi karena Mr. Rey dengan tulus hati berkomentar panjang lebar mengenai kebenaran rumus tenses yang 16 tersebut, oke lah kalo begitu saya respon dengan panjang lebar pula disini. Namun sebelumnya kita lihat dulu Komentar Mr. Rey pada artikel saya yang berjudul Rumus tenses yang benar berikut ini:




Pertama, Rumus Tenses itu 16

Seperti judul blog ini yaitu Referensi Bahasa Inggris, karena itu semua yang berhubungan dengan teori Bahasa didasarkan atas pendapat para pakar dalam bidang masing-masing. 

Mengapa saya lebih banyak mengutip karangan pakar luar negeri daripada karangan pakar dalam negeri?? Bukan karena saya tidak menghargai pakar grammar dalam negeri, namun Karena Bahasa Inggris itu bukan Bahasa Indonesia, karena itu alangkah wajarnya jika saya lebih percaya pakar dari luar negeri yang memang bahasa keseharian pakar-pakar tersebut benar-benar mencerminkan contoh yang nyata dalam Bahasa Inggris.

Meski memang pada artikel rumus tenses yang benar tidak saya berikan referensinya, akan tetapi hal tersebut telah dikombinasikan dengan menabelkannya menurut kesimpulan dari berbagai pakar ahli grammar yang mengatakan bahwa rumus tenses itu ada 12. Untuk itu saya cantumkan screenshot kebenaran 12 tenses di bawah ini:

Daftar Isi Buku Understanding and Using English Grammar Karangan Betty S. Azar: Mengungkapkan hanya ada 12 Tenses Bahasa Inggris

Daftar Isi Buku English Grammar Karangan Coghill dan Magedanz: Tidak menyebutkan ada 16 Rumus Tenses dalam Bahasa Inggris


Kedua screenshot tersebut setidaknya mewakili bahwa hanya ada 12 tensesmenurut pakar grammar Bahasa Inggris. Namun jika ada yang memiliki referensi grammar yang mengungkapkan ada 16 rumus tenses, boleh lah sobat informasikan kepada saya ini (maklum saya tidak punya referensi grammar berbahasa Indonesia, hehehe).

Kedua, Mencintai Bahasa Inggris

Sekedar meluruskan saja, tujuan awal pembuatan blog ini adalah untuk membantu teman-teman saya yang kesulitan mendapatkan referensi, khususnya kutipan-kutipan Berbahasa Inggris yang bisa dijadikan acuan dalam pembuatan skripsi mereka (Khususnya yang mengambil wilayah kajian translationvocabularydan morphology). Namun dengan bergulirnya waktu, ternyata banyak juga yang ingin mendapatkan lebih banyak kutipan tentang materi bahasa Inggriskhususnya teori-teori yang berhubungan dengan skripsi (saya lihat dari keterangan whos.amung.us tentang kata yang disalin dari blog saya). Oleh karena itu, pembahasan blog ini tidak sebatas pada tiga kajian tersebut namun meluas hingga ke ranah grammar dsb. Dan karena itu pula, saya semakin semangat blogging...

Seandainya dengan tujuan tersebut saya dikatakan tidak mencintai Bahasa Inggris, itu sah-sah saja dan saya sangat menghargai perbedaan pendapat di muka bumi ini khususnya di Indonesia. Karena saya yakin akan hadits sang Rasul umat muslim yang bersabda:

انما الأعمال بالنية ............... (الحديث)

Yang dalam Bahasa Indonesia kira-kira artinya, setiap amal perbuatan (aktifitas atau pekerjaan) tergantung pada niatnya. 

Cukuplah Sang Maha Pencipta menilai niat saya baik atau tidak, toh segala amal perbuatan ada balasannya masing-masing.

Ketiga, Blog Referensi Bahasa Inggris ini Blog Bisnis

Perlu diketahui, dalam kurun setengah tahun blog ini berdiri berselancar di dunia maya dari bulan Desember 2010 hingga sekarang Juni 2011, saya tidak mendapatkan UANG sepeserpun karena dalam kurun waktu tersebut saya tidak memasang program penghasil duit seperti PPC, PTC ataupun CPM. Kalaupun ada, itu program affiliasi dari Amazon (itu pun hanya sebatas menunjukkan bahwa buku yang dijadikan referensi itu benar adanya).

Demi blogging, dalam kurun waktu 6 bulan tersebut, yang ada adalah bahwa waktu saya terpecah (karena dalam kurun waktu januari hingga maret, selain blogging, saya juga melakukan tugas harian saya, BERTANI) Tidak hanya waktu saya yang terkuras, saya juga menghabiskan uang yang cukup lumayan hanya sekedar untuk membeli pulsa internet (maklum orang desa tidak cukup modal karena saya blogging pake laptop jadul plus modem HP SE K510i). 

Andai nanti saya dikasih kesempatan menampilkan adsense, jika hal tersebut halal, mengapa tidak??  Toh wajar saja manusia butuh uang. 

Seandainya saya kaya, cukuplah blogging ini sebagai curahan hati saja.

Namun jika benar nanti blog ini memiliki adsense atau program penghasil duit lainnya, semoga saja hal tersebut tidak mengganggu pembaca yang sedang membutuhkan informasi yang saya berikan.

Keempat, Dia (pr) mengendarai mobil.

Mr. Rey meminta saya untuk memberikan contoh 16 tenses baik aktif maupun pasif dari kalimat Dia (pr) mengendarai mobil tersebut diatas. Okelah kalo begitu mari kita sama-sama simak penjabarannya pada tabel di bawah ini:

Tenses
Contoh Aktif
Contoh Pasif
Simple Present
She drives the car
The car is driven by her
Simple Past
She drove the car
The car was driven by her
Simple Future
She will drive the car
The car will be driven by her
Present Continuous
She is driving the car
The car is being driven by her
Past Continuous
She was driving the car
The car was being driven by her
Future Continuous
She will be driving the car
The car will be being driven by her
Present Perfect
She has driven the car
The car has been driven by her
Past Perfect
She had driven the car
The car had been driven by her
Future Perfect
She will have driven the car
The car will have been driven by her
Present Perfect Continuous
She has been driving the car
The car has been being driven by her
Past Perfect Continuous
She had been driving the car
The car had been being driven by her
Future Perfect Continuous
She will have been driving the car
The car would have been being driven by her
Past Future
She would drive the car
The car would be driven by her
Past Future Continuous
She would be driving the car
The car would be being driven by her car
Past Future Perfect
She would have driven the car
The car would have been driven by her car
Past Future Perfect Continuous
She would have been driving the car
The car would have been being driven by her

































Keterangan : 

Untuk Huruf yang berwarna HIJAU, dalam teori tenses Bahasa Inggris memang tidak digunakan. Jika pada kalimat aktif saja tidak digunakan maka secara otomatis pada kalimat pasif pun demikian.

Sedang untuk Huruf yang berwarna MERAH, kalimat pasif pada tenses future continuouspresent perfect continuouspast perfect continuous, dan future perfect continuous dalam teori tenses bahasa Inggris jarang sekali digunakan. 

Untuk lebih jelasnya lihat screenshot keterangan Betty S. Azar—pengarang buku Understanding and Using English Grammar—berikut ini:

Keterangan Betty S. Azar tentang Passive Voice - Hanya ada 8 tenses yang bisa diubah kedalam kalimat passive.
Namun jika sobat masih percaya bahwa rumus tenses itu 16, boleh lah contoh-contoh diatas dijadikan acuan.

Semoga dengan 4 jawaban ini bisa memberikan penjelasan yang cukup tentang Pertanyaan Mr. Rey…

Akhirnya, saya memohon maaf untuk semua pihak yang merasa terganggu dengan keberadaan blog ini. Saya dengan lapang dada menerima kritikan dan serta saran agar blog ini bisa lebih bermanfaat lagi ke depannya. Terima Kasih…..

I am not a teacher, I am just a BLOGGER!!!


Referensi:

Azar, Betty S. 2002. Understanding and Using English Grammar, 3rd Edition.New York: Pearson Education.

Coghill, Jeffrey and Magedanz, Stacy. 2003. English Grammar. New York: Wiley Publishing, Inc.




Terima Kasih telah membaca Debat Rumus Tenses, semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages - Menu