Selasa, 14 Mei 2013

Spoof Text - Penjelasan & Contoh


.
Spoof text adalah salah satu jenis teks yang dianggap paling menyenangkan untuk dipelajari. Dengan adanya Spoof text, setidaknya siswa yang selalu cemberut saat belajar bahasa Inggris bisa terobati. Coba tanyakan pada kawan anda, adakah siswa yang “sangat membenci” pelajaran bahasa Inggris? Saya pastikan, “ADA”. Lah, seorang Nabi saja banyak yang benci, apalagi sebatas bahasa Inggris.

Namun, dengan hadirnya materi belajar spoof text ini, semoga saja berangsur-angsur kebencian ini bisa berganti menjadi rasa cinta.
Spoof text adalah salah satu jenis teks bahasa Inggris yang isinya mengenai cerita lucu. Siapa sih yang tidak tersenyum jika ada hal yang bersifat lucu? Orang stress aja kali ya? Jika narrative text cenderung menceritakan suatu kisah dengan berbagai permasalahan yang harus dipecahkan; dan jika recount text lebih condong menceritakan kegiatan seseorang dalam urutan waktu tertentu, spoof text masih berbeda dengan dengan kedua teks tersebut. Apa sih?
Untuk lebih jelasnya, mari pelajari daftar isi pelajaran spoof text di bawah ini :
  1. Pengertian / Definisi Spoof Text
  2. Generic Structure of Spoof Text
  3. Contoh Spoof Text - Absence
  4. Contoh Spoof Text - Sam Ting Wong
DEFINISI SPOOF TEXT

Disebutkan dalam Cambridge Advance Learner's Dictionary Online, ada dua makna spoof. Pertama, sebagai kata benda, spoof bermakna, "a funny and silly piece of writing, music, theatre, etc. that copies the style of an original work". Sedang kedua, spoof sebagai kata kerja, bermakna, "to try to make someone believe in something that is not true, as a joke."
Dari kedua arti spoof di atas, dapat disimpulkan bahwa pengertian spoof text adalah sebuah teks yang berisi tentang humor meski sebagian teksnya sudah dimodifikasi dari aslinya.

GENERIC STRUCTURE OF SPOOF TEXT

Generic Structure (Susunan umum) dalam spoof text adalah :
  1. Orientation, berisi pengenalan tokoh, latar, setting dll.
  2. Events, berisi peristiwa atau kejadian
  3. Twist, ending cerita (akhir cerita yang dianggap lucu, kadang tidak terduga)
spoof, spoof text, contoh spoof text, spoof text examplesPenjelasan mengenai orientation dan event sudah sering dibahas, khususnya pada pelajaran narrative text dan recount text. Dalam spoof text pun, orientation dan event tidak jauh berbeda dengan yang ada dalam narrative dan recount.
Sedang untuk twist, bagi seorang yang belum terbiasa menulis cerita lucu mungkin sangat sulit; untuk memahami twist saja sudah sulit, apalagi mengarang sendiri...

Ya, untuk memahami twist, kita membutuhkan selera humor tinggi hingga kita mampu mencerna apa dibalik kelucuan yang terkandung dalam twist ini. Sebab biasanya sangat sulit memperkirakan, "apa sih bagian lucunya?"

CONTOH SPOOF TEXT : ABSENCE
Joe's Mother got angry because her son got a low mark on English test.

"Why did you get such a low mark on that test?" Asked mother angrily. Asked by his angry mother, Joe just kept silent and went out.

A few moment, Joe came back home and met his mother again. His mother asked the same question.

Joe answered steadily, "Because of absence."

"You mean you were absent on the day of the test?" Mother wondered.

Joe replied, "No, but the kid who sits next to me was."
CONTOH SPOOF TEXT : SAM TING WONG

Jacky Wong got married with Lia Wong. Both of them had a white skin and straight hair. They are really a well-matched couple.

One year later, Wong family got a new baby. A nurse brought them a son with curly hair and a black skin.

The nurse congratulated and said, "What name will you give to this son?"

With a confused face, Jacky Wong grumbled, "Sam Ting Wong!"

Nah, cukup sudah penjelasan dan contoh mengenai spoof text. Jika ada yang tahu apa sih lucunya contoh-contoh di atas, silahkan bagi-bagi.. :)

Terima Kasih telah membaca Spoof Text - Penjelasan & Contoh, semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages - Menu